AMUNTAI, metro7.co.id – Sejumlah mobil angkutan sampah diterjunkan Dinas Permukiman, Perumahan dan Lingkungan Hidup (Disperkim-LH) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan (Kalsel) belum lama ini.

Armada angkutan mulai dari mobil pick up hingga tossa stanby untuk memuat sampah yang berserakan diarea Jalan Bypaas Bayur-Panangkalaan, Kabupaten HSU.

Sementara petugas kebersihan dari Disperkim-LH dibantu masyarakat peduli lingkungan, dan aparatur desa sekitar mengambil sampah-sampah tersebut.

Terlihat mereka rela turun kebahu jalan dengan menggunakan tangga mengambil satu persatu sampah bekas konsumsi itu.

Kepala Disperkim-LH HSU H Hermani Johan mengajak kepada para pedagang dan masyarakat yang berkunjung kelokasi jalan viral ini untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya untuk tidak membuang sampah sembarangan, baik dijalan maupun area lingkungan jalan.

Ia tidak memungkiri banyaknya sampah di area jalan karena masih kurangnya ketidaksadaran masyarakat terhadap lingkungan, ditambah lagi keterbatasan ketersedian tempat pembuangan sampah lokasi ini.

Agar kebersihan ini dapat terjaga, pihaknya juga telah melakukan koordinasi kepada pihak pemerintah desa sekitar.

“Insya Allah perubahan tahun ini, Pemerintah Desa Bayur melakukan pengadaan tempat sampah untuk diletakkan dibeberapa titik dijalan ini,” ujar Hermani.

Selain itu, pihaknya juga tengah berupa aktif memberikan himbauan kepada para pedagang agar masing-masing menyediakan tempat sampah, baik itu plastik untuk membuat bekas jualan.

Terakhir dia menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah ikut serta berpartisiapsi membantu dalam menjaga kebersihan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mau bersama-sama menjaga kebersihan,” katanya.

Diketahui aksi bersih-bersih inid alam yang memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2024, dan Jalan Bypass Bayur-Panangkalan menjadi pusat titik kegiatan. *