TANJUNG – Kapolres Tabalong AKBP Zuhdi Batubara  memberikan arahan dan pembekalan  tugas Linmas (Perlindungan Masyarakat) yang bertugas di TPS Pilkada dan  meletakan batu pertama pembangunan Aula Polsek Haruai, Kamis tadi.
Mengambil tempat di Gedung Serba Guna depan Polsek Haruai, Kapolres memberikan arahan batapa penting dan besarnya tanggung jawab Linmas pada Pilkada 2015.   Kapolres mengatakan tugas Linmas TPS yang melakukan  pengamanan di TPS salah satu membantu tugas Kepolisian.  Dimana apabila di dalam pelaksanaan nanti ada permasalahan di TPS, Linmas TPS bertanggung jawab besar menangani permasalahan dan menyelesaikan dengan baik. Dan apabila nantinya permasalahan yang ditangani tidak  dapat diselesaikan, misal ada  keributan maka Linmas TPS menyampaikan kepada KPPS dan seijin KPPS maka petugas keamanan (Polri) dapat masuk TPS menyelesaikan keributan tersebut, Linmas dan Polri  saling bekerja sama dan bekerja profesional .
Sebanyak 90 Linmas hadir pada acara pembekalan tersebut,dan merasa bangga dapat langsung bertemu Kapolres Tabalong.  Abdul salah satu anggota Linmas mengatakan bangga dapat bertemu Kapolres dan mendapat arahan dari orang nomor satu di Polres Tabalong tersebut.
Kapolsek Haruai Iptu Didik Sumar Hadi mengatakan syukur Alhamdulilah acara berlangsung lancar dan tertib, “kita berharap kerja sama antara aparat dan linmas berjalan dengan baik,” katanya.
Mengahdapi pilkada Gubernur, diharapkannya Linmas Tabalong menjadi ujung tombak keamanan di TPS dan dituntut mampu mengemban tugas dengan baik terorganisir dan disiplin.
Sejauh ini, sebutnya lagi para petugas Linmas selalu di beri kepercayaan menjaga keamanan TPS saat pemungutan suara hingga perhitungan, bahkan Linmas di percaya sebagai keamanan pada barang barang kepentingan pemilihan kotak suara kertas suara. Tanggung jawab yang besar dengan tantangan yang tentu besar.
Linmas juga merupakan bentuk keamanan yang di rekrut dari orang – orang kepercayaan di daerah masing masing, perwakilan warga yang dianggap mampu memikul tanggung jawab serta memiliki kemampuan menyelesaikan masalah. (metro7/rz)