TANJUNG, metro7.co.id – Puluhan anak-anak yang masih duduk di bangku TK dan SD mengikuti lomba fashion show di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tabalong, pada Minggu (7/7).

Lomba ini digelar oleh Dispersip Kabupaten Tabalong bekerja sama dengan Cangkir Pustaka dalam rangka mengasah kepercayaan diri para peserta untuk tampil dihadapan umum serta mengenalkan bahan bacaan kepada anak-anak.

Dalam fashion show para peserta menampilkan kemampuannya yang dibalut dengan memperkenalkan berbagai buku dalam fashion show ini.

“Kegiatan ini untuk mengasah kepercayaan diri anak-anak, juga untuk membangun literasi para peserta,” tutur Kabid Layanan dan Pengembangan Koleksi Buku, Dispersip Tabalong, Lilis Marta Diana.

Puluhan peserta tersebut, Lilis mengungkapkan ada 26 anak, terdiri dari anak TK 12 orang dan SD ada 14 orang, mereka unjuk kemampuan dengan memperkenalkan berbagai buku.

“Disini peserta memperkenalkan berbagai macam buku, lewat itu kita mengajak untuk rajin membaca dan dapat mengurangi penggunaan gadget,” bebernya.

Selain perihal tersebut, lomba ini kata Lilis, juga sebagai salah satu strategi pihaknya untuk meningkatkan kunjungan perpustakaan.

“Diharapkan mampu mendongkrak literasi anak-anak serta dapat menarik minat masyarakat untuk membaca buku, terlebih diperpustakaan yang kita miliki,” ucapnya.

Dalam lomba ini, pihaknya menyiapkan sejumlah hadiah bagi para pemenang. Kategori TK dan SD juara 1, 2 dan 3 dapat uang pembinaan, piala dan piagam dan untuk juara harapan membawa piala dan piagam penghargaan. Hadiah juga ada diberikan untuk best costum, best perform dan best catwalk serta juara favorit.

Lilis pun berharap kegiatan ini dapat berlanjut ditahun berikutnya.

“Harapannya ini bisa berlanjut, hingga tahun depan,” harapnya.

Sementara itu, Perwakilan Cangkir Pustaka, Anwar Agus Abidin turut mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Di samping promosi buku juga turut serta mendukung dan memeriahkan ajang Event Minggu ceria agar tetap ramai dan eksis,” ungkapnya. ***