TANJUNG, metro7.co.id –Saat ini, hampir seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah dengan sistem daring, dikarenakan pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap orang untuk tidak menciptakan kerumunan dan menjaga agar tidak ada kontak langsung antara satu dengan yang lain, hal tersebut membuat seluruh kegiatan belajar seperti tugas dan pekerjaan rumah diakses guru dan siswa dengan menggunakan platform online.

Selama melakukan sekolah daring, siswa-siswi yang ada di Indonesia, khususnya di Kabupaten Tabalong dapat mengakses buku gratis, yaitu perpustakaan online seperti Ipusnas milik Perpustakaan Nasional Kabupaten Tabalong, I-Kalsel milik Perpustakaan Daerah Kalimantan Selatan, dan E-pusda milik Perpustakaan Daerah Kabupaten Tabalong, Senin (26/10/2020).

Perpustakaan online ini diharapkan dapat memudahkan siswa selama menjalankan kegiatan belajar menggunakan sistem daring, baik untuk mengerjakan tugas maupun belajar, terlebih siswa dapat mengakses perpustakaan online tersebut hanya dengan dirumah saja.

Perpustakaan Daerah Kabupaten Tabalong sendiri sudah lama meluncurkan layanan Elektronik Perpustakaan Daerah (Epusda) Kabupaten Tabalong, yang mana layanan berbasis online ini sudah menyediakan kurang lebih 7 ribu eksemplar buku dengan berbagai jenis. Bahkan, anggota perpustakaan Daerah Kabupaten Tabalong dapat membaca koleksi e-book ini secara online dimanapun dan kapanpun.

Seorang mahasiswa, Ami, mengatakan bahwa banyak manfaat dari perpustakaan online ini, khususnya epusda Kabupaten Tabalong.

“Aplikasinya yang mudah diakses memudahkan saya untuk mengerjakan tugas dirumah, karena perpustakaan online ini dapat digunakan dimanapun dan kapanpun, selain itu pilihan bukunya juga beragam. Membantu sekali dalam sekolah daring ini,” tambahnya. ***