BANJARMASIN, metro7.co.id – Puluhan jemaah masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin Jumat (30/7/2021) dibuat kaget sehubungan dengan ditiadakannya shalah ibadah Jumat berjemaah yang biasanya setiap minggu dilaksanakan.

Tidak sedikit jemaah terlihat kecewa dengan keputusan ini karena sudah terlanjur datang dan terpaksa harus mencari masjid lain yang menyelenggarakan ubadah Sholat Jumat berjemaah.

Ditiadakannya shalat Jumat berjamaah ini dikarenakan pengelolan masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin telah menerima surat pemberitahuan dari Kemenag RI yang disampaikan melalui Kanwil Kementrian Agama propinsi Kalsel.

Surat pemberitahuan itu sendiri bernomor 1766/Kw.17.1/HM.01/07/2021 perihal pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat, surat tersebut tertanggal 29 Juli 2021 tersebut ditandatangani oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Tambrin, ditujukan kepada Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Menurut salah seorang petugas masjid, surta dari kementrian Agama Kalsel baru diterima, untuk itu jemaah terpaksa kami suruh putar balik.

“Surat dari Kementrian Agama melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel ini baru kami terima, makanya kami minta jamaah yang datang untuk putar balik atau pulang, karena pelaksanaan ibadah sholat jumat untuk sementara ditiadakan,” ucap salah satu petugas yang namanya enggan disebutkan.

Entah mungkin surat pemberitahuan itu juga diterima mendadak oleh pengelola masjid, karena dari pantauan wartawan, jamaah yang tidak mengetahui adanya surat ini banyak yang berdatangan, namun ketika mereka ingin masuk ke areal masjid kemudian dihentikan oleh petugas dan diberikan copy surat edaran tersebut dimana kegiatan keagamaan ditiadakan selama PPKM Level 4.

Fadli jamaah yang sudah datang ke Masjid Raya Sabilal Muhtadin menyatakan kecewa, karena tak ada pemberitahuan sebelumnya bahwa pelaksanaan shalat jumat di masjid terbesar di Kalsel ini ditiadakan.

“Pemberitahuan ini seharusnya disampaikan satu hari sebelumnya, sehingga masyarakat yang ingin melaksanakan shalat jumat tidak kecewa. Ini banyak jamaah yang sudah datang namun diminta pulang,” ungkapnya.

Meski di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin meniadakan kegiatan shalat jumat, namun di sejumlah masjid lainnya tetap melaksanakan kegiatan peribadatan tersebut, seperti Masjid Al Jihad di Jl Cempaka, Masjid Jami di Sungai Jingah dan Masjid Nur Jl Pangeran Samudera Banjarmasin. ***