Balangan – Bupati Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, H Sefek Effendie terus mengunjungi sejumlah desa di kecamatan-kecamatan yang ada di Balangan.
Senin (10/8) kemarin Sefek berkesempatan mengunjungi masyarakat adat dayak Balangan, di Desa Kapul Kecamatan Halong, bertempat di balai adat setempat.
H Sefek Effendie menuturkan, budaya dan kearifan lokal masyarakat adat dayak di Balangan sudah sepatutnya dilestarikan, karena merupakan identitas daerah yang dapat menarik minat para wisatawan lokal maupun luar.
“Semoga ke depannya dimasa kepemimpinan selanjutnya, keberadaan masyarakat adat dayak ini semakin diperhatikan, bahkan bisa lebih baik lagi,” harapnya.
Dalam kesempatan tersebut Sefek tetap tidak lupa untuk berpamitan kepada warga yang telah mendukung dan bekerjasama dimasa kepemimpinannya selama dua periode bersama Wakil Bupati Balangan H Ansharuddin.
Kepala Dewan Adat Dayak (DAD) Balangan, Mandar mengungkapkan, selama ini jalinan silaturahmi antara Bupati Balangan dan Wakil Bupati Balangan H Sefek Effendie dan H Ansharuddin dengan masyarakat adat dayak di Balangan sangat baik.
Hal itu kata dia, juga tidak terlepas dari perhatian yang diberikan jajaran Pemkab Balangan di bawah kepemimpinan Sefek dan Ansharuddin yang sangat memperhatikan kelestarian budaya dan kearifan lokal masyarakat dayak di Balangan.
“Sekarang daerah kami jadi wilayah pariwisata budaya, dimana sebelumnya kami yang berangkat ke kota untuk menikmati keramaian, kini atas bantuan Pemerintah Kabupaten Balangan, orang luar yang datang ke Desa kami untuk mencari hiburan budaya maupun pariwisata alam,” ungkapnya.
Bahkan tambah Mandar, Kecamatan Halong kini terkenal secara nasional, baik sebagai daerah tujuan wisata dan budaya, juga sebagai juara diberbagai event tari tradisional.
“Selain itu, kami juga sangat merasakan kemajuan dalam hal pendidikan, karena sekarang sudah banyak sekolah-sekolah yang dibangun di pedalaman sekitar tempat kami bermukim,” ujarnya. Metro7