TANJUNG – Sebagai tindaklanjut hasil tes cepat, Pemerintah Kabupaten Tabalong melalaui gugus tugas juga menggelar swab test bagi warga terindikasi positif Covid -19.

Informasi didapat dari Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tabalong, dr Taufiqurrahman Hamdie menyebut sejak tanggal 1 Juni 2020 tadi sudah dilakukan rapid test terhadap 252 orang.

Rapid test dilakukan kesasaran skrining baik hasil ODP maupun PDP, maupun tracking dari pasien positif dengan hasil 49 reaktif dan ditindak lanjuti dengan swab test.

“Selama seminggu ini kami sudah melakukan swab test ada 49 sediaan dan 19 swab hasilnya masih di tunggu,” katanya, Rabu (10/6/2020).

Diakuinya hingga kini persedian rapid test di Tabalong sudah tidak banyak, yakni sekitar 100 buah. Direncanakan pihak gugus tugas bakal kembali mengajukan penambahan ke pihak Provinsi Kalsel.

“Kalau rapid kita sudah mencukupi, kita lakukan tes cepat pada pasien yang terindikasi ada gejala covid-19,” imbuhnya.

Taufiq juga memastikan pihaknya belum berencana melakukan rapid test masal. Hal itu dikarenakan untuk pelaku perjalanan di Tabalong sudah terdeteksi 500 orang, belum jumlah ODP dan PDP.

“Untuk penelusuran ini saja kami membutuhkan banyak pemeriksaan rapid maupun swab,” tegasnya. (metro7)

Reporter : Hivianor / Tabalong – Kalimantan Selatan