TANJUNG, metro7.co.id – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjung melakukan koordinasi ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabalong, Rabu (18/09).

Kedatangan Lapas Tanjung ini ialah menindaklanjuti Surat Edaran Ditjenpas terkait Mitigasi Risiko kedaruratan kebakaran di area dapur Lapas Tanjung sendiri.

Adapun kunjungan Lapas Tanjung ini diwakili Kasi Binadik dan Giatja, Abdul Hair dan Ka KPLP, Syarifullah dan disambut langsung oleh Kalak BPBD Kabupaten Tabalong, Haris Fakhrozi.

Kasi Binadik dan Giatja, Abdul Hair mengatakan bahwa kedatangannya dalam rangka membahas pelaksanaan simulasi penyelamatan keadaan darurat pemadam kebakaran yang akan diikuti oleh petugas dapur dan WBP yang bertugas di dapur.

Selain itu kunjungannya ini merupakan mitigasi risiko semisal ada terjadi bencana alam maupun bencana non alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Tanjung.

“Dalam pembahasan di kantor BPBD kabupaten Tabalong, kita meminta sinergitas dan bantuan pelatihan simulasi penyelamatan keadaan darurat pemadam kebakaran. Kegiatan ini sangat berdampak sekali sebagai salah satu mitigasi risiko untuk Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Tanjung yang di dalamnya dihuni ratusan warga binaan dijaga keselamatannya dari ancaman bahaya,” ujarnya.

Lanjut Hair juga pertemuan ini sekaligus ajang silaturahmi Lapas Tanjung bersama jajaran BPBD Kabupaten Tabalong.

Kedepan kata Hair, para pegawai dan WBP petugas dapur Lapas Tanjung, akan diberikan pelatihan penyelematan bila sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam maupun bencana non alam.

Terpisah Kepala Lapas Tanjung, Hakim Sanjaya mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu langkah yang bagus untuk selalu siap siaga menjaga kondusifitas serta ketertiban keamanan di lembaga pemasyarakatan kelas IIB Tanjung.

“Kita terus evaluasi berkelanjutan kesiapsiagaan jika sewaktu-waktu terjadi kondisi darurat. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh petugas serta warga binaan Lapas Kelas IIB Karawang,”kata Hakim.

Sementara Kalak BPBD Tabalong, Haris Fakhrozi mengatakan, pihaknya mengapresiasi kunjungan Lapas Tanjung ke kantornya.

Untuk itu pihaknya siap membantu memberikan pelatihan simulasi dalam melakukan mitigasi pencegahan bencana dengan Lapas Tanjung dalam waktu dekat.

“Kita bersama Lapas Tanjung siap mengadakan simulasi pencegahan penanggulangan bencana. Insya Allah minggu-minggu ini bisa dimulai,”cetusnya.