Tim Jawa Pos Institute Pro Otonomi (JPIP) Area Kalimantan Selatan Senin (13/2) lalu melakukan Monitoring dan Evaluasi Otonomi Daerah di Kabupaten Tabalong Tahun 2012, bertempat di Gedung Pusat Informasi Tanjung.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Tabalong Drs H Rachman Ramsyi MSi. Turut hadir Sekda Tabalong Drs H Afdel Fadillah MSi dan seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), para Pejabat Lingkup Pemkab Tabalong, Perwakilan PT Adaro Indonesia, dan pegiat LSM.
Dalam sambutannya, Bupati Tabalong Drs H Rachman Ramsyi MSi mengucapkan selamat datang kepada rombongan tim JPIP, dengan harapan semoga berkesan dengan apa yang ada di Banua Saraba Kawa.
Menurut Bupati, era otonomi daerah seperti saat ini, telah memberi banyak pengaruh terhadap terjadinya perubahan pola tindak penyelenggaraan pembangunan daerah yang secara paradigma disebut daerah membangun. Hal tersebut pada prinsifnya memberikan porsi yang lebih besar kepada semua unsur yang ada di daerah tersebut, untuk terlibat dalam penyelenggaraan daerahnya sendiri.
Salah satu tujuan otonomi daerah yang mandiri adalah dalam hal membangun dan mengembangkan semua potensi yang ada di daerah. Itu sebabnya, sejak otonomi daerah ditetapkan, semua unsur yang ada di Kabupaten Tabalong bertekad untuk membangun, dengan memantapkan semua potensi yang tersedia, baik Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA).
Alhamdulillah hingga saat ini pembangunan Kabupaten Tabalong supaya berjalan ke arah yang benar, serta dapat mengejar ketertinggalannya dari kabupaten-kabupaten lain di Kalimantan Selatan,” ujar Bupati.
Kedatangan Tim dari JPIP Area Kalimantan Selatan adalah dalam rangka melakukan pengumpulan data perihal program-program dan kebijakan-kebijakan serta data lainnya yang ada di Kabupaten Tabalong. Data tersebut nantinya akan menjadi bahan penilaian JPIP untuk memberikan penghargaan otonomi Award Daerah se Kalimantan Selatan. Selain itu, data-data tersebut juga nantinya bisa menjadi bahan evaluasi Pemerintah Propinsi dan pusat, terkait perkembangan daerah-daerah otonomi yang ada di Kalimantan Selatan.
Bupati Tabalong berharap kepada semua Kepala SKPD, untuk membantu tim JPIP dalam mengumpulkan data-data dan program-program unggulan yang ada di daerah. Metro7/Via