BARABAI, metro7.co.id – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 Tingkat Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) tahun 2024 secara resmi dibuka oleh Bupati HST, H Aulia Oktafiandi, di Halaman Kantor Kecamatan Batang Alai Utara, Rabu (18/9).

Dalam sambutannya, Bupati Aulia mengatakan, melalui MTQ, diharapkan dapat menggairahkan generasi muda khususnya, juga masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kecintaan terhadap Al-Quran.

“Mari sukseskan kegiatan MTQ dengan semangat yang kuat untuk menerapkan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari,” ajaknya.

Menurutnya, MTQ sebagai wadah untuk mencetak dan mempersiapkan Qori dan Qoriah terbaik di HST.

“Kepada orang tua peserta dan seluruh masyarakat, mari didik anak dan cucu kita untuk lebih mencintai Al-Quran, sebab Al-Quran merupakan tuntunan dan pedoman yang baik bagi kehidupan kita selaku umat muslim,” katanya.

Ia berharap, semoga ajang ini juga dapat menjalin persaudaraan yang berdedikasi luhur dan mencerminkan budaya bangsa, dan semoga Qari dan Qariah dapat mempersembahkan kemampuan terbaiknya masing-masing.

“Mari kita segenap umat Islam di Bumi Murakata untuk terus memberikan partisipasi, dukungan, dan peran aktif dalam berbagai kegiatan bagi terciptanya kesemarakan nuansa Islam dalam kehidupan bermasyarakat,” bebernya.

Sementara, Ketua Umum Panitia MTQ ke-44, Camat Batang Alai Utara, H Budi Haryanto mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi, sehingga acara pembukaan MTQ ke-44 berjalan dengan lancar.

MTQ dari tanggal 18 hingga 21 september 2024, lanjutnya, jumlah peserta yang mengikuti MTQ ini sebanyak 310 orang kafilah dengan official kurang lebih 100 orang.

“Cabang yang akan dilombakan ada 8 cabang, terdiri dari 20 golongan lomba, lokasi lomba berada di 7 titik,” tutupnya.