TANJUNG, metro7.co.id – Sebelumnya juara pertama lomba desa dan kelurahan tingkat Kabupaten, Desa Murung Karangan Kecamatan Muara Harus Kabupaten Tabalong kini raih kembali juara pertama tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Adapun Desa Murung Karangan terpilih setelah ditetapkan sebagai juara lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Kalsel yang ditetapkan pada Tanggal 27 Juni 2023 lalu.

Saat dikonfirmasi ke Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tabalong, Aidy Risyawal membenarkan hal tersebut.

“Iya betul Alhamdulillah Tahun 2023 ini desa Murung Karangan mewakili Kabupaten Tabalong dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan berhasil meraih juara pertama mengalahkan Sepuluh desa dari sepuluh Kabupaten lain,” ujar Aidy, Rabu (5/7/2023) saat diruang kerjanya.

Desa Murung Karangan jatuh sebagai terbaik I lomba desa dan kelurahan tingkat Kalsel dan hal itu didukung oleh SK Gubernur nomor 188.44 / 0620 / KUM / 2023.

Kemudian Aidy mengatakan bahwa peraihan yang diraih oleh desa murung karangan melalui proses penilaian tergolong tidak mudah.

“Ada tiga aspek, yakni aspek bidang pemerintahan, kemudian kewilayahan dan kemasyarakatan,” katanya.

“Sedangkan penekanannya itu ada Tiga, jadi yang pertama terkait penyelesaian batas desa, kedua terkait inovasi ide government atau pelayanan pemerintahan secara digital dan juga terkait inovasi produk unggulan,” timpalnya.

Ia menerangkan bahwa sebelumnya tim penilai dari Kalsel datang di Tabalong pada pertengahan bulan Juni untuk melakukan klarifikasi lapangan.

“Yang mana sebelumnya mereka sudah melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan administrasi yang dikumpulkan,” terangnya. ***