TANJUNG, metro7.co.id – Raih juara I lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Desa Murung Karangan Kecamatan Muara Harus Kabupaten Tabalong bakal mewakili Kalsel dalam lomba desa dan kelurahan tingkat regional II (Kalimantan dan Sulawesi).

Diketahui Desa Murung Karangan terpilih sebagai juara I lomba desa dan kelurahan tingkat Kalsel yang ditetapkan pada 27 Juni 2023 lalu.

“Desa murung karangan akan mewakili Provinsi Kalsel dalam lomba desa dan kelurahan tingkat regional II yaitu Kalimantan dan Sulawesi,” ujar Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tabalong, Aidy Risyawal, Kamis (6/7/2023).

Aidy mengatakan bahwa saat ini Desa Murung Karangan dalam lomba tingkat regional tersebut sudah memasuki tahapan administrasi.

“Pada 3 juli Tahun 2023 kemarin keseluruhan berkas administrasi untuk lomba desa dan kelurahan Desa Murung Karangan sudah dilakukan penginputan di website,” tuturnya.

Sedangkan tahapan berikutnya diperkirakan pada pertengahan Juli mendatang Tim Penilai Regional II akan melakukan klarifikasi lapangan.

“Tim penilai regional II dijadwalkan sekitar tanggal 12 (Juli) akan dilakukan tahapan kalrifikasi lapangan,” ungkapnya.

Kemudian setelah tahapan klarifikasi lapangan, nominasi yang terpilih akan mengikuti paparan dihadapan tim penilai lintas Kementerian Dalam Negeri di Jakarta.

Mempersiapkan hal tersebut, pihak DPMD selaku dinas terkait melakukan sinergitas dengan pihak desa dan bersinergi dengan dinas lainnya.

“Suport Pemerintah Daerah sangat luar biasa, kami sudah melakukan koordinasi kepada dinas terkait yakni PU, Ketahanan Pangan dan dinas lainnya yang bersifat meminta dukungan dalam rangka menunjang kesiapan Desa Murung Karangan,” jelasnya.

Ia menambahkan, masuknya Desa Karangan mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat regional tersebut diharapkan dapat menjadi tutik awal yang bagus untuk kedepannya.

“Mudahan ini jadi titik awal yang bagus kedepannya, sehingga nantinya desa lain bisa mengikuti langkah dari Desa Murung Karangan,” pungkasnya. *