TANJUNG, metro7.co.id – Salah satu rangkaian hari jadi Kabupaten Tabalong ke 58, Nan Sarunai Tabalong Festival 2023 bakal bertarap Nasional.

Rencananya festival tersebut bakal di gelar pada Tanggal 8 – 10 Desember 2023 mendatang dan bertempat di tiga titik, yakni pertama di Expo Tanjung Center, Pendopo dan Taman Kota Tanjung.

Dalam Nan Sarunai Tabalong Festival 2023 diadakan ekspose yang berlangsung di Pendopo Bersinar Pembataan. Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani memaparkan rencana dan rangkaian acara. Dilanjutkan penyampaian dari pihak EO penyelenggara.

Disampaikan Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, festival ini nanti akan menjadi kolaborasi budaya, mengingat banyaknya suku yang ada di Tabalong, baik itu Jawa, Sunda, Sulawesi, Banjar dan Dayak.

“Dari sana akan terlihat kolaborasi budaya yang menjadi satu bukti bahwa heterogenitas kita jadikan sebagai kekuatan untuk membangun Kabupaten Tabalong,” kata Anang, Sabtu (28/10/2023).

Tujuan utama dari semua itu, dikatanya untuk mengenalkan seni budaya daerah sekitar IKN pada orang luar, sekaligus memperkenalkan, seni budaya dari luar kepada masyarakat di sekitar IKN.

“Jadi tujuan utama itu, bahwa di dalamnya ada Tabalong itu adalah daerah sekitar IKN, kita lebih memposisikan diri depan Kalsel,” ucap Anang.

“Kita sebagai penyelenggara dan tuan rumah, tentu kita akan mengenalkan seni budaya lokal tabalong,” timpalnya.

Sementara Kadisporapar Tabalong, Abdul Halim, mengatakan bahwa selaku serambi depan IKN, Tabalong akan menampilkan budaya khas lokal dan dari luar Kalsel.

“Kalau kita bicara level acara ini level Nasional, kita melibatkan kabupaten/kota yang ada di luar pulau kalimantan. Luar dari tabalong pastinya,” katanya.

Selanjutnya, Halim menambahkan, list sementara yang sudah menyatakan hadir di kegiatan festival nanti, sudah ada 15 kabupaten/kota dari luar Kalsel.

“Kalau list kami sementara itu ada 15 Kabupaten/Kota yang diluar dari Kalsel,” tambahnya. ***