TANJUNG, metro7.co.id – Keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di depan mata, mesti disambut oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong dengan melakukan berbagai persiapan. Tentunya agar masyarakat di daerah ini, nantinya tak sekadar menjadi penonton kehadiran IKN.

“Apalagi Tabalong sangat dekat dan berbatasan dengan letak IKN di Kaltim. Sehingga tidak ada cara lain lagi bagi kita, harus menyiapkan segala sesuatunya untuk itu,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabalong, Ir HM Noor Rifani SH ST MT.

Demikian awal sambutannya saat mengadakan Ngobrol Bareng Diskominfo dengan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dan Inflencer di Kafe Garassi Mabuun, Sabtu 20 Juli 2024 sore.

Kadis yang disapa akrab Haji Fani ini menjelaskan upaya pihaknya mendigitalisasi Tabalong dalam menyambut IKN, antara lain dengan mempertahankan predikat Kabupaten/Kota Smart City terbaik pertama di Kalsel, penambahan dan penguatan jaringan internet hingga penyediaan internet gratis untuk masyarakat luas.

“Tidak hanya menara BTS, Bakti Kemenkominfo RI dan tower penguat sinyal yang kami upayakan penambahannya, namun juga penyediaan free hotspot WIFI gratis bagi masyarakat terus diperluas,” kata Haji Fani.

Ia menyebutkan sejumlah fasilitas dan pelayanan publik termasuk sekolah-sekolah di Tabalong telah tersedia internet gratis. Sehingga akan sangat disayangkan apabila tidak dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat dalam menyambut IKN.

“Para generasi muda khususnya yang tergabung dalam komunitas-komunitas, influencer –pegiat medsos; tiktokers, youtuber, facebooker dan lainnya, hendaknya dapat memanfaatkannya,” tandas mantan Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Tabalong ini.

Dalam kesempatan ngobrol bareng tersebut, lebih lanjut Haji Fani, menerima dan mendengar langsung berbagai masukan yang disampaikan oleh masing-masing admin dan tim KIM-Influencer. Demikian ia langsung memberikan tanggapannya dengan langkah rencana yang akan diambil ke depannya. ***