RANTAU – Bupati Tapin H.M.Sufian Arpan menyalakan obor yang selanjutnya diserahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Tapin Drs.H.Juwaini. Obor ini kemudian diserahkan lagi kepada perwakilan siswa Sekolah Dasar sederajat, SMP Sederajat, dan SMA sederat se Kabupaten Tapin Selasa (23/9) sekira pukul 09.00.
Penyalaan obor tersebut, menandai berakhirnya kegiatan Around To School Training Motivation Spirit Fantastic Of Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan di Halaman Gelanggang Olahraga (GOR) Datu Muning Jalan Bay Pas Rantau.
Dalam penutupan tersebut juga didengarkan yel-yel yang menyatakan bahwa seluruh siswa yang ada di kabupaten Tapin akan bersikap jujur dalam mengikuti UN 2014-2015 mendatang. Selain menyalakan obor, bupati beserta jajaran dan seluruh siswa menandatangani kain putih sepanjang 600 meter yang dikelilingkan di dalam lapangan Stadium Gor Datu Muning.
Sebagaimana diketahui kegiatan yang dilaksanakan ini diikuti oleh seluruh siswa SD hingga SMA yang ada di kabupaten Tapin. Kegiatan sendiri dilaksanakan selama 20 hari.
Dalam sambutannya bupati Tapin mengatakan, bahwa pemerintah daerah sangat gembira atas deklarasi yang diucapkan para pelajar yang ada di kabupaten Tapin untuk jujur dalam mengikuti UN yang akan dilaksanakan pada semester depan. Apalagi dalam komitmen bersama tersebut, fasilitator sudah memberikan motivasi bagi para pelajar yang ada di kabupaten Tapin. Dengan motivasi tersebut, maka diharapkan dapat menjadi senjata utama dalam menghadapi UN. Diantaranya memiliki tekad yang kuat untuk belajar ketika UN akan dilaksanakan.
Motivasi yang diberikan, adalah bekal para siswa dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru. Sehingga, dalam penerimaannya siswa akan termotivasi untuk meningkatkan pengetahuannya. Kegiatan yang sudah dilaksanakan diharapkan dapat terus ditingkatkan dan diterapkan. Karena memiliki peran penting dalam pelaksanaan belajar mengajar.
Dalam sambutannya ini, bupati berjanji akan memberikan bonus kepada siswa yang berhasil menjadi siswa terbaik dalam UN nanti. Janji ini katanya akan ditepati, jika para siswa mampu memberikan nilai yang diatas rata-rata dan menjadi yang terbaik. Bonus yang dijanjikan dan akan diberikan adalah sebagai penyemangat para pelajar dalam meningkatkan belajarnya. Sehingga, disaat UN berlangsung akan didapat siswa yang berprestasi. “Saya akan berikan bonus bagi siswa yang memiliki nilai tertinggi dan terbaik dari semua siswa,”ujar bupati.
Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kabupaten Tapin ini juga mengatakan, dirinya sangat berterima kasih kepada semua guru dan kepala sekolah yang ada di kabupaten Tapin. Khususnya kepada pengelola rumah pintar sejuta pelangi, yang selama ini, telah aktif melakukan pembinaan dan pengembangan secara meyeluruh, terpadu dan berkelanjutan, untuk memberikan motivasi dalam upaya mencetak sumber daya manusia yang handal.
Sangat diharapkan semua siswa yang ada di kabupaten Tapin ini bisa lulus 100 persen ketika UN berlangsung nanti. Bahkan sangat diharapkan, memiliki nilai yang terbaik dari para siswa yang ada di kabupaten lainnya, khususnya yang berada di kabupaten tetangga.
Ditempat yang sama H.Juwaini mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan sebuah rintisan, sedangkan kelanjutannya akan diserahkan ke PKK kabupaten. (metro7/Fit)