Tanjung — Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2013 berlangsung meriah di halaman Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung, Rabu (4/9) tadi. Sebanyak 1000 anak TK bersama para dan orang tua mengikuti puncak peringatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong ini.
Kemeriahan semakin terasa setelah berbagai busana daerah dari seluruh penjuru nusantara dikenakan oleh anak-anak TK. Ada juga yang mengenakan seragam profesi seperti TNI, polisi, dokter, perawat dan lain sebagainya.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Drs H Erwan SH MAP, selaku ketua panitia mengatakan, tema peringatan HAN kali ini adalah Indonesia yang ramah dan peduli anak dimulai dari pengasuhan dalam keluarga. Sementera sub temanya adalah wujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, tangguh dan mandiri.
“Peringatan Hari Anak Nasional dimaksudkan agar seluruh komponen bangsa Indonesia yaitu negara, pemerintah, masyarakat, keluarga dan orang tua bersama-sama mewujudkan kesejahteraan anak dengan menghormati hak-hak anak dan memberikan jaminan terhadap pemenuhannya tanpa adanya perlakuan diskriminatif,” katanya.
Peringatah HAN 2013 melibatkan 40 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kabupaten Tabalong yang masing-masing menyertakan sebanyak 25 orang anak didiknya.
Selain melakukan karnaval, peringatan HAN juga diisi dengan gerakan cuci tangan pakai sabun dan gosok gigi massal. Dimana masing-masing peserta diberikan sikat dan pasta gigi gratis.
Pada kesempatan itu juga dilakukan penobatan 10 orang Bunda PAUD kelurahan dan desa oleh Bunda PAUD Kabupaten Tabalong Hj Sumiati Rachman Ramsyi. Selanjutnya ada juga penyerahan penghargaan kepada PAUD berprestasi.
Bupati H Rachman Ramsy selaku inspektur upacara, atas nama pemerintah daerah menyambut baik dilaksanakannya HAN seraya mengucapkan selamat Hari Anak Nasional tahun 2013.
Sementara Hj Sumiati Rachman Ramsyi selaku Bunda PAUD Kabupaten Tabalong berkenan melakukan pelepasan balon ke udara sebagai tanda dibukanya peringatan HAN 2013. (Metro7/012)