BANJARMASIN, metro7.co.id – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin membuka Jambore Kader Posyandu Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2024, Rabu (5/6), di Hotel Rattan In Banjarmasin.

Pada pembukaan itu, Paman Birin didampingi Ketua Panitia, Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah yang juga Ketua TP PKK Kalsel sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel.

Jambore kader Posyandu yang dilaksanakan tanggal 4 hingga 6 Juni 2024 ini dirangkai dengan launching Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Tahun 2024.

Pada kesempatan itu, Paman Birin sangat mengapresiasi kinerja para kader posyandu yang dianggapnya turut andil dalam berbagai upaya pembangunan bidang kesehatan di Banua.

Diantaranya, turut membantu menurunkan angka stunting dan menjadikan Provinsi Kalsel bebas desa miskin.

Sebagai bentuk apresiasi, saat menyampaikan sambutannya, Paman Birin memanggil 13 kader posyandu dari masing perwakilan kabupaten/kota se Kalsel.

Selanjutnya salah satu perwakilan, diberikan pertanyaan jumlah meja di posyandu. Pertanyaan itu pun berhasil dijawab dengan tepat dan semua mendapatkan uang tunai. Selanjutnya dipanggil lagi 26 peserta dan masing-masing menerima uang juga.

Panggilan ketiga untuk puluhan peserta lagi dari berbagai bagaimana daerah itu, dan terakhir untuk empat peserta setelah diseleksi dari 8 orang yang naik panggung acara.

Keempat peserta terakhir yang paling beruntung ini mendapat hadiah istimewa yakni di berangkatkan umrah gratis oleh Paman Birin.

Turut hadir pembukaan jambore, Plt Direktur Gizi dan KIA Kementerian Kesehatan, dr Ni Made Diah, Komisaris Bank Kalsel Rizal Akbar serta sejumlah pimpinan SKPD Pemprov Kalsel.

Acil Odah, Kepala Dinas Kesehatan yang juga Ketua Pelaksana Jambore Kader Posyandu merangkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dalam laporannya menyebut, jambore kader posyandu sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan bertujuan untuk silaturahmi dan memberikan apresiasi atas kinerja kader posyandu yang bekerja ikhlas tanpa kenal lelah.

Upaya memotivasi kader agar lebih giat guna mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Melalui jambore diharapkan peningkatkan wawasan para kader tentang pengelolaan posyandu dan pencapaian kunjungan di Posyandu.

Selain itu, meningkatkan semangat kader dalam kegiatan rutin posyandu.
Adapun kegiatan selama jambore berlangsung antara lain, senam pagi bersama, lomba menyusun menu makanan balita, penyuluhan kesehatan, pengisian Buku KIA, cerdas cermat dan sebagainya.

Peserta terdiri dari perwakilan kader posyandu sebanyak 130 orang yang difasilitasi dinas kesehatan dari 13 kabupatem kota se Kalsel ditambah peserta partisipatif dan pendamping sebanyak 341 orang. Total peserta jambore kader posyandu tahun 2024 sebanyak 471 orang.

Pada kegiatan jambore, panitia menyediakan banyak door prize dan hadiah utama sepeda motor yang diundi.