Paringin — PT Adaro Indonesia and Partners melalui salah satu kontraktornya, PT Pamapersada Nusantara menggelar pelatihan penggunaan biofungisida untuk mengatasi serangan jamur akar putih pada tanaman karet. Selain di Kabupaten Tabalong, pelatihan ini juga dilaksanakan di Kabupaten Balangan.
Sekitar 300 orang peserta mengikuti pelatihan yang terlaksana berkat kerjasama dengan Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Balangan ini. Para peserta berasal dari seluruh kecamatan di Bumi Sanggam.
Dalam pelatihan tersebut dipaparkan beberapa cara penggunaan biofungisida. “Adapun bantuan yang diberikan kepada petani karet adalah semacam pupuk yang digunakan untuk mengatasi serangan jamur akar putih terhadap tanaman padi pada khususnya,” ujar staf CSR PT Pamapersada Nusantara, Handoko.
Sementara dana CSR yang diberikan PT Pamapersada Nusantara kurang lebih sebesar Rp 140 juta dan 3 ton pupuk untuk petani karet di Kabupaten Balangan. “Tiga ton pupuk dibagi untuk 300 petani dan dapat mengcover sekitar 300 hektar lahan karet,” tandas Handoko.
Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Balangan Akhmad Yulia mengharapkan petani yang mengikuti pelatihan ini bisa merawat tanaman karetnya dengan baik. “Saya berharap petani yang hadir dalam pelatihan ini bisa merawat tanaman karetnya dengan bagus dan benar agar tanaman yang disebar nantinya bisa berkembang sendiri di tanah dan petani bisa memelihara tanaman yang telah ada,” katanya. (Metro7/Sri)