BARABAI, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) membekali para anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dengan pembinaan nilai-nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati HST, H Aulia Oktafiandi. Dilaksanakan di aula RSUD H Damanhuri Barabai, Senin (10/4).

Dalam sambutannya, H Aulia Oktafiandi mengatakan, pembinaan nilai-nilai Pancasila dan Wasbang penting untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara bagi anggota Paskibraka.

“Selain itu, juga untuk meningkatkan peran Paskibraka dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta negara,” katanya.

Menurutnya, selain Wasbang, juga terdapat istilah bela negara yang harus dipelajari dan dipraktekkan dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Salah satu ancaman nyata saat ini, yakni maraknya peredaran gelap narkotika yang hampir merambah seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Karena itu, tambahnya, kegiatan yang dilaksanakan kali ini merupakan momentum bagi anggota Paskibraka dalam penanaman nilai-nilai Pancasila.

“Semoga kita dapat meningkatkan kesadaran akan nilai Pancasila, Wasbang, dan bela negara, khususnya memerangi narkoba,” jelasnya.

“Semoga anggota Paskibraka dapat mengamalkan dan menanamkan jiwa Pancasila dan Wasbang dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.