Pemerintah Kabupaten HST mengadakan Semiloka Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP)  Tahun Anggaran 2012 yang dibuka secara resmi oleh Sekda HST H IBG Dharma Putra, Rabu (18/7/2012) lalu.
Kegiatan Semiloka tersebut berjumlah 75 orang, terdiri dari unsur SKPD, provinsi (2 orang), masyarakat (50) berasal dari BKAD, KPMD, Tim Pengelola Kegiatan, Wakil Kelompok SPP, UPK, BPUPK dan Fasilitator Kecamatan.
“Tujuan pelaksanaan Semiloka SKPD adalah untuk memperkuat  komitmen SKPD  dalam rangka  penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat serta memperkuat  koordinasi lintas sektor,” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah HM Yuserani dalam laporannya.
Materi Semiloka meliputi strategi  penanggulangan  kemiskinan perdesaan melalui pemberdayaan masyarakat, Sistem Perencanaan Daerah, Pokok-Pokok Kebijakan Teknis PNPM-MP tahun 2012, Evaluasi Pelaksanaan PNPM-MP tahun 2012, serta Best Practices Program Penanggulangan Kemiskinan di Kecamatan Batu Benawa.
“Semiloka berupa ceramah, diskusi, tanya jawab atau tukar pandangan atau pendapat dengan narasumber antara lain Sekda HST H IBG Dharma Putra, Bappeda HST, Kepala BPMPD HST, Penangung Jawab Operasional PNPM MP dan Camat Batu Benawa,” tambah HM Yuserani.
Sekda HST H IBG Dharma Putra dalam sambutannya mengungkapkan, penanggulangan kemiskinan merupakan amanat konstitusi dan memerlukan komitmen bersama untuk mensukseskan program pemberdayaan masyarakat tersebut dengan melaksanakan pembangunan berawal dari perencanaan yang realistis, sesuai kebutuhan masyarakat.
“Indikator keberhasilan pembangunan itu terlihat dengan makin turunnya angka kemiskinan, ukuran ekonomi naik, lingkungan terjaga lestari dan untuk mencapai indikator ini, memerlukan kebersamaan  dan keterlibatan aktif dari tiga unsur, yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat,” bebernya.
Lebih jauh Sekda mengharapkan agar ke depannya setelah dilakukan Semiloka, dapat dilakukan pelatihan untuk Fasilitator atau Pendamping agar semakin cakap dan handal melakukan pendampingan, mengawal dan menimalisir kegagalan pembangunan serta menjadi api pembangkar semangat pembangunan dan pemberdayaan di desa atau wilayah binaan masing-masing.
Turut hadir saat pembukaan, Fasilitator PNPM-MP Kabupaten HST Ali Kurdi, Tokoh Masyarakat David, BKAD, KPMD, Tim Pengelola Kegiatan, Wakil Kelompok SPP, UPK, BPUPK dan Fasilitator Kecamatan se Kabupaten HST. advhst