BARABAI, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) mendapatkan apresiasi dalam upaya dan komitmen peningkatan kualitas keanekaragaman konsumsi pangan melalui capaian skor Pola Pangan Harapan (PPH) kabupaten/kota Tahun 2023 dari Badan Pangan Nasional.

Apresiasi tersebut berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional RI Nomor 53 Tahun 2024 tentang penerima apresiasi capaian skor Pola Pangan Harapan (PPH) terbaik tahun 2023 kepada Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Apresiasi diberikan kepada empat Provinsi dan 51 Kabupaten/Kota dengan capaian skor PPH diatas skor PPH Nasional, yaitu 94,1.

Kabupaten HST adalah Kabupaten satu-satunya di Prov Kalsel yang mendapatkan apresiasi dari Badan Pangan Nasional atas capaian Skor PPH pada tahun 2023, yaitu pada angka 94,14.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan HST, Muhammad Afni Hidayat, Rabu (29/5).

Ia menyebutkan, skor PPH Tahun 2023 yang dicapai oleh Pemkab HST tidak terlepas dari kepemimpinan Bupati HST, H Aulia Oktafiandi dengan kolaborasi bersama semua stakeholder terkait. Tentunya dengan Tim Penggerak PKK HST yang diketuai oleh Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi.

Afni mengatakan, upaya-upaya yang dilakukan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan sebagai Perangkat Daerah pengampu urusan wajib Ketahanan Pangan, yaitu dengan memastikan masyarakat memiliki akses pangan yang cukup, merata, dan terjangkau melalui berbagai upaya.

“Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah, tentunya agar setiap masyarakat di HST mampu memperoleh pangan yang cukup, beragam, bergizi seimbang dan aman. Sehingga dapat hidup sehat, aktif dan produktif,” ucapnya.

Sementara, Bupati HST, H Aulia Oktafiandi mengatakan, pemberian penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam pengembangan penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan selama tahun 2023.

“Alhamdulillah, HST menjadi salah satu dari 51 kab/kota seluruh Indonesia yang mendapat apresiasi dari Badan Pangan Nasional atas capaian Pola Pangan Harapan Tahun 2023,” ungkap Bupati.

Aulia menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan yang diraih, Pemkab HST berkomitmen untuk terus meningkatkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat melalui pengembangan PPH.

“Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak, dan akan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan upaya dalam mewujudkan ketahanan pangan di HST,” tutupnya.