BARABAI, metro7.co.id – Pemkab HST melalui Kecamatan Pandawan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Evaluasi Perkembangan Desa dan Profil Desa se-Kecamatan Pandawan, di Hotel Akmani Jakarta Pusat, Sabtu (19/10).

Acara dibuka secara resmi oleh Pjs Bupati HST H Faried Fakhmansyah, sedangkan narasumber dari Kementerian Sosial RI, Plt Kepala Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial, R Gandhi Wijaya Cahyo Prajanto.

Dalam sambutannya, Pjs Bupati HST Faried Fakhmansyah mengatakan, DTKS merupakan salah satu alat penting dalam upaya untuk memastikan program-program kesejahteraan sosial berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

“Dengan data yang akurat dan terintegrasi, kita dapat mengidentifikasi masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan dan dukungan,” ucapnya.

Faried menegaskan, semua pihak harus terlibat dalam pengelolaan DTKS ini, termasuk pemerintah desa yang memiliki peran dalam update data.

“Aplikasi ini berbasis online, sehingga update data dapat dilakukan realtime dan terintegrasi penuh dengan server data nasional,” jelasnya.

Selanjutnya, Profil Desa juga merupakan alat yang sangat berguna dalam perencanaan Pembangunan, dengan data yang akurat mengenai potensi kebutuhan dan masalah yang dihadapi, kita dapat merancang program-program yang lebih tepat sasaran dan efektif.

Di akhir sambutannya, ia mengajak semua peserta untuk memahami pentingnya pengelolaan data yang baik dan transparan.

“Mari kita jadikan kesempatan ini untuk meningkatkan kompetensi kita dalam pengelolaan DTKS serta pengelolaan Profil dan perkembangan desa sehingga kita dapat memberikan manfaat kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara, Camat Pandawan, M Affaw Al Bagaq menyampaian, peserta Bimtek berjumlah 55 orang terdiri dari para kepala seksi Pemerintahan, para Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat dan Pelayanan Desa se-Kecamatan Pandawan, ASN Kecamatan Pandawan, Dinsos PPKB PPPA serta Dinas PMD HST.

Adapun materi yang akan disampaikan adalah, narasumber dari Kementerian Sosial RI dengan materi kebijakan dan aplikasi pengelolaan DTKS, narasumber dari Kementerian Dalam Negeri RI menyampaikan materi Evaluasi Perkembangan Desa dan Teknis pengelolaan Profil Desa.

Turut berhadir, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Ahmad Zaid, Camat Pandawan, Sekretaris Dinas Sosial PPKB PPPA HST dan dari Dinas PMD HST.