BARABAI, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), di Desa Kayu Rabah, Kamis (13/6).

Kegiatan dihadiri Bupati HST, Ketua Tim Penggerak PKK HST, para Kepala SKPD, para Camat, masyarakat sekitar dan undangan lainnya.

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi mengatakan, ikan adalah sumber protein yang sangat baik dan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita dan mengandung protein berkualitas tinggi, asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral yang sangat penting untuk menjaga Kesehatan dan pertumbuhan anak-anak.

“Mari kita bekerja sama untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas konsumsi ikan di masyarakat. Mari kita jadikan ikan sebagai pilihan utama dalam menu makanan sehari-hari kita. Dengan demikian, kita tidak hanya menjaga kesehatan kita, tetapi juga turut mendukung perekonomian daerah kita,” bebernya.

Aulia menyebutkan, dengan meningkatkan konsumsi ikan, dapat memperbaiki gizi masyarakat, terutama bagi anak-anak yang membutuhkan asupan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

“Kampanye gemarikan ini juga menekankan pentingnya pemasaran yang efektif. Dalam era digital ini, kita perlu memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk-produk perikanan kita,’’ katanya.

Aulia berharap, kegiatan ini dapat menjadi titik awal bagi kita semua untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat. Mari kita terus berlatih, belajar, dan mengimplementasikan pengetahuan yang telah kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kita semua. Mari bersama kita meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengonsumsi ikan untuk kualitas hidup yang lebih sehat,” bebernya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan HST, Muhammad Afni Hidayat menuturkan, Pemerintah mengadakan Kampanye Gemarikan bertujuan agar memotivasi Masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah diisyaratkan bagi Kesehatan agar terbentuknya generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

“Kampanye Gemarikan ini juga memberikan Informasi dan motivasi kepada Masyarakat untuk memilih Protein Hewani dari ikan dibanding protein hewani lainnya,” katanya.

Afni menegaskan, kegiatan kampanye Gemarikan ini bisa meningkatkan wawasan Masyarakat tentang kandungan gizi pada ikan. “Juga cara memilih ikan yang segar dan bebas bahan berbahaya serta tidak menggunakan alat tangkap ikan yang dilarang,” tutupnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan kegiatan makan ikan bersama Bupati HST H Aulia Oktafiandi didampingi Ketua TP PKK HST dengan masyarakat Desa Kayu Rabah, Kecamatan Pandawan.