BARABAI, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) menyalurkan bantuan sosial (bansos) tahap pertama, di Aula Kantor Kecamatan Barabai, Selasa (11/4).

Bantuan tersebut khusus bagi warga lanjut usia (lansia), disabilitas fisik dan mental atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Diserahkan langsung oleh Bupati HST, H Aulia Oktafiandi untuk 123 penerima.

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi mengatakan, 123 penerima tersebut terdiri dari 47 lansia, 8 disabilitas fisik dan 68 disabilitas mental.

“Masing-masing menerima berupa uang tunai sebesar Rp150 ribu yang dibayarkan per tiga bulan,” katanya.

Menurutnya, bantuan itu diberikan bertujuan untuk mengurangi ketimpangan sosial di masyarakat.

“Para penerima bantuan itu disuruh bekerja tidak mungkin, karena keterbatasan, sehingga pemerintah mencoba membantu untuk meringankan,” ujarnya.

Bantuan yang diterima merupakan rezeki, ia berharap agar para penerima dapat bersyukur atas apa yang telah didapat.

“Kami ini hanya perantara saja, digerakkan oleh Allah SWT untuk menyalurkan bantuan,” tambahnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) HST, Edy Rahmawan menyampaikan, bansos yang diberikan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) 2023.

“Penyalurannya dilakukan per tiga bulan atau empat kali dalam satu tahun,” jelasnya.

Data Dinsos HST menyebutkan, di kabupaten HST terdapat 338 warga lansia, 516 orang disabilitas mental dan 50 orang disabilitas fisik. Keseluruhan terdapat 904 orang penerima yang tersebar di 11 kecamatan dengan total bantuan yang disalurkan sebesar Rp1 miliar lebih.