BARABAI, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mensosialisasikan percepatan realisasi dan pelaporan dana desa, di Pendopo HST, Selasa (8/10) pagi.

Pjs Bupati HST, Faried Fakhmansyah mengatakan, pemerintah desa adalah ujung tombak pemerintah, sebab pelayanan itu di tangan mereka.

“Oleh karena itu, peran desa sangat penting dalam proses pembangunan suatu daerah,” ucapnya.

Menurutnya, pembangunan di desa merupakan upaya memajukan masyarakat. Dana desa salah satu instrumen strategis untuk mempercepat pembangunan di level desa.

“Makanya realisasi dan pelaporan dana desa perlu disosialisasikan secara tepat akuntabel dan transparan,” katanya.

Ia berharap, realisasi dana desa di HST bisa segera ditingkatkan. Kemudian dana yang sudah tersalurkan ke desa bisa digunakan sebaik-baiknya.

“Pentingnya percepatan dan realisasi ini sangat penting. Dengan pencatatan yang baik kita bisa memastikan setiap rupiah yang digunakan benar benar memberikan manfaat kepada masyarakat,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas PMD HST, Edy Rahmawan mengungkapkan, rata-rata realisasi dana desa di HST sudah mencapai 60 persen.

“Kita masih punya waktu efektif sekitar 2 bulan untuk meningkatkan realisasi penggunaan dana desa. Makanya rapat koordinasi ini dilaksanakan,” ujarnya.

Dari rapat koordinasi ini, diharapkan pihak-pihak dari kecamatan dan desa menjadikan hal ini perhatian serius. Untuk percepatan penggunaan atau realisasi dana desa.

“Duitnya sudah disalurkan ke rekening desa masing-masing. Kami harapkan pemerintah desa melakukan konsolidasi untuk melaksanakan kegiatannya, agar dana yang sudah disalurkan terserap maksimal,” bebernya.

Pihaknya juga berharap, di awal Desember 2024, seluruh desa sudah menyelesaikan kegiatannya dan melaporkan pelaksanaan atau penyerapan anggaran desa.

Selain melakukan sosialisasi percepatan realisasi dan pelaporan dana desa, Pemkab HST juga menggelar sosialisasi paparan indeks desa membangun, program BPJS Ketenagakerjaan segmen penerima upah bagi pemerintah desa tahun 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Jamhasari, Kepala Inspektorat HST, Kepala Bappelitbagda HST dan BPJS Ketenagakerjaan Kalsel.

Juga dihadiri para Pembakal (Kepala Desa), Lurah, Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) hingga para camat se-HST.