AMUNTAI, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berupa meminimalisir resiko bencana di Kota Amuntai.

Upaya itu dibahas pada Rapat Tim Teknis Penyusunan Dokumen Rencana Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Tahun 2024 yang digelar di ruang rapat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSU, belum lama ini.

Rapat itu dibuka langsung Kepala Pelaksana BPBD HSU Syamrani, dan dihadiri perwakilan Dinas PUPR, Dinas Pertahanan Pangan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Satpol PP dan Damkar, TNI, Polri serta SKPD terkait lainnya.

Syamrani menyampaikan terima kasih kepada perwakilan SKPD dan instansi terkait atas kehadirannya pada rapat penyusunan dokumen rencana penanggulangan bencana daerah.

“Hal ini penting dilaksanakan sebagai upaya pemerintah dalam meminimalisir resiko bencana di HSU,” kata Syamrani.

Sementara Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD HSU H Parnami Azmi menambahkan, bahwa dukomen rencana penanggulangan bencana dokumen yang wajib dimiliki BPBD.

Didokumen itu berisi isu-isu terkait bencana yang sering terjadi di HSU serta langkah-langkah penanganannya, seperti mencari solusi, tindak lanjutnya, sasaran dan indikator pencapaiannya.

“Diharapkan melalui rapat penyusunan rencana penanggulangan bencana ini setiap SKPD terlibat memiliki anggaran ataupun SOP mengenai bencana,” pungkasnya. ***