BATULICIN, metro7.co.id — Dalam rangka memperingati Hari Bidan Nasional ke-73, Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tanah Bumbu, berbagi kisah inspiratif serta makna dari peringatan Hari Bidan Nasional, diacara Talkshow Live Interaktif Program Tanah Bumbu Bakisahan Radio Swara Bersujud, Senin (24/6/2024) sore.

Selaku Narasumber Ketua Pengurus Cabang IBI Tanah Bumbu Misnawati, S.Si.T,Bdn., MM didampingi Sekretaris Pengurus Cabang IBI Tanah Bumbu Emma Triana, S.Keb.

Misnawari mengatakan tema peringatan tahun ini adalah Peran Bidan dalam Penguatan Sistem Ketahanan Nasional pada Krisis Iklim Melalui Sinergi dan Kolaborasi.

“Tema ini menyoroti dedikasi dan pengabdian para bidan dalam menjaga kesehatan ibu dan anak di segala situasi,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa bidan saat ini menghadapi berbagai tantangan, terutama bagi mereka yang juga bekerja di instansi pemerintahan seperti Dinas Kesehatan.

“Bidan dituntut untuk mampu mengambil tanggungjawab di luar keahlian dasar mereka, serta harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk dapat berbaur dan menyerap ilmu yang lebih luas,” ujarnya.

Selain itu, Sekretaris PC IBI Tanah Bumbu Emma Triana menambahkan bahwa salah satu tantangan terbesarnya adalah mengedukasi masyarakat mengenai kesehatan ibu hamil dan melahirkan, terutama di daerah terpencil.

“Butuh waktu yang cukup panjang untuk membangun kepercayaan masyarakat,” ungkapnya.

Misnawati juga menjelaskan pentingnya kolaborasi antara bidan dengan tenaga kesehatan lainnya, seperti perawat dan dokter.

Hal ini sudah menjadi keharusan bersama karena adanya aturan yang mengikat, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi dan kewenangan bidan di Indonesia.

Peringatan Hari Bidan Nasional ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme, kolaborasi, dan kemajuan organisasi IBI, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada ibu dan anak serta seluruh siklus kehidupan dalam profesi bidan.

Dalam kesempatan itu, Ketua PC IBI Tanah Bumbu Misnawati dan seluruh jajaran pengurus mengucapkan Selamat Hari Bidan Nasional yang ke-73.

“Semoga para bidan selalu diberikan kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya ibu dan anak,” tutupnya. *