PARINGIN, metro7.co.id – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, perusahaan tambang batubara BalanganCoal gelar seminar bertema “Perjalanan Masa Depan yang Ramah Lingkungan” yang dihadiri oleh 100 peserta dark BalanganCoal grup serta para mitra kerja.

Seminar tersebut membahas tentang penggunaan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan serta aktivitas reklamasi dan pasca tambang.

Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Paramitha Cipta Sarana, Achadi Riyadi, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam pelestarian lingkungan dan inovasi keberlanjutan. Seminar ini juga mengikuti pedoman dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Atas dasar ini, Balangan Coal melalui tiga IUP-nya, yaitu PT Laskar Semesta Alam, PT Semesta Centramas, dan PT Paramitha Cipta Sarana, konsisten mengadakan berbagai kegiatan seperti penanaman pohon, kampanye green office, workshop, dan seminar,” jelas Riyadi.

Balangan Coal juga menggelar program sekolah Adiwiyata untuk mendorong pelajar menjadi agen pengelolaan lingkungan berkelanjutan.

Riyadi menambahkan bahwa perusahaan terus mendorong mitra kerjanya untuk menginisiasi transisi energi, tidak hanya dengan penanaman pohon di area reklamasi, tetapi juga di area infrastruktur penunjang seperti kantor dan workshop. Lima mitra kerja utama telah menanam 100 bibit per area sebagai langkah awal dekarbonisasi.

Seminar ini menghadirkan narasumber Horas Pasaribu, Koordinator Perlindungan Lingkungan Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, serta Dr. Marinus Kristiadi Harun dari Balai Penerapan Standard Instrumen LHK Banjarbaru. ***