BATULICIN, metro7.co.id – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu ke-26, Pemerintah Kecamatan menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) diantaranya Sunat Massal (Khitan) dan Donor Darah, di kantor Kecamatan, Selasa (27/12/2022).

Pada peringatan itu, sebanyak 28 anak mengikuti Sunat Massal, diantaranya warga Desa Sari Mulya mendaftarkan kedua anaknya.

Camat Sungai Loban Agus Salim, S.Ag., M.A.P, saat membuka kegiatan Baksos itu mengatakan bahwa salah satu kewajiban bagi seorang Muslim yaitu Sunat atau Berkhitan.

Menurutnya, tujuan khitan (sunat) secara syariah Islam, selain mengikuti sunnah Rasulullah dan Nabi Ibrahim, juga karena menghindari adanya najis pada anggota badan saat salat. Karena, tidak sah salat seseorang apabila ada najis yang melekat pada badan.

Ia berharap baksos yang dilakukan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Sungai Loban, karena masih banyak anak-anak dari keluarga tidak mampu belum melakukan khitan. “Karena masih banyak masyarakat yang sangat membutuhkan pelayanan sunat masal ini, sehingga kegiatan ini menjadi harapan mereka,” pungkasnya.

Usai dikhitan, 28 anak peserta sunat massal diberikan bingkisan, baju koko dan lainnya.

Selain itu, kegiatan Donor Darah yang berlangsung di halaman Kantor Kecamatan, sebanyak 12 orang pendonor berhasil menyumbangkan darahnya dari jajaran Kecamatan dan Perangkat Desa.

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Sungai Loban Agus Salim, Sekretaris Camat Mutawally, Forkopimcam, para Kepala Desa, aparat desa, peserta sunat masal dan donor darah, dan undangan lainnya. ***