BATULICIN, metro7.co.id — Dalam rangka puncak peringatan hari lingkungan hidup sedunia, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar gerakan menanam mangrove, di kawasan pantai Desa Muara Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Selasa (2/7/2024).

Gerakan itu bertujuan untuk menyelamatkan dan melestarikan lingkungan hidup, sejalan dengan Tema peringatan tahun ini “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”.

Kegiatan itu dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor diwakili Asisten Administrasi Umum Setda. Provinsi Kalsel Ahmad Bagiawan.

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rahmat Prapto Udoyo dalam sambutannya mengatakan pentingnya kerjasama antara pemerintah privinsi dengan daerah, khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu dalam menghadapi krisis iklim.

Melalui inovasi, teknologi dan ilmu pengetahuan menjadi ujung tombak dalam upaya mengurangi emisi gas rumah kaca dan memperbaiki kerusakan lingkungan.

Seperti mendorong inovasi yang ramah lingkungan dan program berbasis teknologi hijau yang terus dikembangkan dan diimplementasikan.

Sehingga diharapkan dapat mengoptimalkan sumber daya dan meningkatkan efektivitas program-program lingkungan. Ia berpesan seluruh masyarakat agar turut berperan aktif dalam menjaga lingkungan.

“Mulailah dari hal-hal kecil seperti mengurangi penggunaan plastik, menanam pohon, dan menghemat energi. Setiap tindakan kecil kita akan memberikan dampak besar bagi keberlanjutan bumi kita,” ungkapnya.

Selain tanam mangrove, juga dilakukan aksi bersih-bersih pesisir pantai, kemudian sampahnya dapat ditukarkan ke BSI Bank sampah Julfikars yang disediakan oleh DLH Kabupaten Tanah Bumbu.

Tutur hadir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana, jajaran Pemprov Kalsel, Kepala Dinas Pariwisata Samsuddin, Wakapolres Tanah Bumbu Kompol Sopyan, Forkopimda, pimpinan Bank Kalsel, pimpinan perusahaan, camat, para kepala desa dan tamu undangan lainnya.