KANDANGAN — Kantor Perpustakaan Daerah dan Arsip Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mendapatkan kunjungan Asesor Kegiatan Akreditasi Perpustakaan. Kunjungan yang dilakukan tersebut, dilakukan Rabu (9/7/2012) lalu dengan tujuan untuk melihat sejauh mana pelayanan perpustakaan yang dilakukan oleh petugas yang ada di daerah.
Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah perpustakaan yang ada di daerah, sudah memenuhi standar penyelenggaraan perpustakaan atau belum. Jika belum, maka sebagai langkah awal, diminta untuk segera mengisi instrumen akreditasi. 
Berangkat karena masih adanya Kantor Perpustakaan yang belum memenuhi standar inilah, maka pihak Asesor mengharapkan semua kantor perpustakaan yang ada di daerah untuk menyiapkan semua perangkat yang diinginkan.
Salah seorang staf Perpustakaan Kabupaten HSS Sarpani mengatakan, terkait kunjungan Asesor tersebut, pihaknya sudah menyiapkan berbagai perlengkapan. Sehingga ketika dilakukan pemeriksaan semuanya sudah dapat terlengkapi.
“Kita akan mengurus segala persyaratan akreditasi perpustakaan, sehingga ke depannya kantor perpustakaan bisa lebih standar dalam memberikan pelayanan,” ujarnya.
Lebih jauh Sarpani mengatakan, kedatangan tim akreditasi tersebut berjumlah tiga orang. Ketiganya adalah Dra Zurniaty Nasrul MLS, Nofalita SHum, Konni Novetti BS.
Kata Sarpani, jika dilihat dari hasil pemeriksaan yang dilakukan tim akreditasi. Maka Kantor Perpustakaan Kabupaten HSS dapat memenuhi standar yang diinginkan. Kendati demikian, masih ada beberapa instrumen yang harus dipenuhi.
Terkait instrumen yang akan disiapkan, Sarpani tidak memberikan keterangan lebih jauh, karena menurutnya untuk menerangkan tersebut adalah wewenang Kepala Kantor Perpustakaan daerah.
“Jika dilihat hasilnya, kantor kita bisa mendapatkan akreditasi. Tetapi, masih ada yang harus dipenuhi untuk melengkapi persyaratan yang diinginkan oleh tim Asesor,” ujarnya. Metro7/fit