Barabai – UNBK – Ujian Nasional Berbasis Komputer yang rencananya akan diselenggarakan pada 4 April 2016 (untuk sekolah-sekolah yang dinilai telah memiliki fasilitas yang layak) secara serentak oleh pemerintah di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini memacu sekolah-sekolah untuk mempersiapkan para peserta didiknya siap dalam menghadapi UNBK.
 Dalam rangka untuk mempersiapkan para peserta didiknya menghadapi UNBK, SMAN 1 Barabai menyelenggarakan try out untuk seluruh mata pelajaran yang akan diujikan saat UN nanti.
 Menurut Nurul Ehsan salah satu guru disana mengungkapkan Kegiatan try out diselenggarakan dari tanggal 9 sampai 11 Februari 2016 mendatang.
 “Selain sebagai pelatihan bagi siswa dalam mengerjakan soal-soal Ujian Nasional, try out kali ini dimanfaatkan juga sebagai sarana bagi mereka untuk membiasakan diri dengan pengerjaan soal UN,” Katanya.
 Lebih lanjut Dia menjelaskan, untuk persiapan tes masih ada sedikit kendala di masalah jaringan. Sementara itu, untuk jumlah komputer tidak masalah karena jumlahnya sudah sesuai dengan standar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
 “Server jaringan akan terus diperbaiki. Mudah-mudahan saat simulasi hingga tes yang asli berlangsung semua dapat berjalan lancar,” katanya.
 Dia pun berharap, adanya simulasi bisa menjadi proses adapatasi bagi seluruh siswa kelas IX. Terlebih lagi, penggunaan tes berbasis komputer itu merupakan hal baru karena selama ini Ujian Nasional dilaksanakan secara konvesional menggunakan lembar jawaban. “Kami harap anak-anak bisa latihan dengan baik sehingga siap saat tes UNBK dilakukan,” imbuhnya.
 Berdasarkan jadwal yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, UN 2016 akan berlangsung tiga gelombang. UN pertama adalah UN perbaikan 2015 yang akan dilaksanakan pada 22 Februari 2016. Sementara UN utama 2016 akan dimulai 4 April, dan UN perbaikan tahun 2016 akan berlangsung pada awal Juni/September 2016. AdvHumHST