Tanjung — Keberadaan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Kecamatan Bintang Ara sangat berpengaruh terhadap perubahan kondisi para petani setempat. Terutama dalam meningkatkan wawasan masyarakat tentang pemanfaatan lahan di sekitar lingkungan. Selama ini masih banyak terdapat lahan yang bisa dijadikan lokasi tanaman pangan dan hultikultura.
Kepala BPP Bintang Ara, Suparman SPt, saat ini masyarakat petani sudah banyak yang melakukan pembudidayaan tanaman palawija berupa sayur-sayuran, jagung, lombok, melon, kacang panjang, terong, tomat, dan yang lainnya. Sebelumnya, banyak lahan yang tidak dimanfaatkan.
Terhitung sejak tahun 2009 saat pertama kali ditugaskan di sana, dirinya sangat merasa prihatin dengan kondisi masyarakat Kecamatan Bintang Ara. Dimana kebutuhan sayur-sayuran kebanyakan berasal dari luar. “Padahal potensi lahan mereka sangat bagus sekali untuk pengembangan tanaman sayur-sayuran,” kata Suparman.
Dengan berbagai langkah dan program yang dilakukan BPP Kecamatan Bintang Ara sebagai percontohan, baik tanaman sayur-sayuran maupun pembudidayaan ikan di lahan sekitar BPP, mampu mengubah pola pikir masyarakat setempat. “Sekarang ini banyak sudah masyarakat yang melakukan kegiatan serupa, sehingga kebutuhan mereka akan sayur-sayuran dan lauk pauk mudah didapatkan. BPP senantiasa siap membantu para petani dalam hal teknis bagaimana cara bercocok tanam dan perawatannya,” terang Suparman. (Metro7/Via)