BALANGAN, metro7.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan melaksanakan kegiatan silaturahmi sekaligus Rapat Evaluasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan Tahun 2020 yang bertempat di Aula Gedung Mayang Maurai, Senin (15/2/2021).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh berbagai pihak seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Balangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Balangan, Kesbangpol Balangan, Kodim 1001/Amt-Blg, Polres Balangan, Ketua PPK se-Balangan, serta undangan lainya, disampaikan bahwa bahwa angka pemilih dalam pelaksanaan pemilihan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati di Kabupaten Balangan berada dikisaran 85 persen meski pelaksanaannya dalam suasana pandemi Covid-19.

“Kami sampaikan bahwa Pilkada di Balangan telah selesai dengan patisipasi masyarakat mencapai 85 persen. Apalagi hal ini bertambah lengkap dengan pelaksanaannya yang aman, lancar dan sukses tanpa ada gugatan di Mahkamah Konstitusi,” jelas Ketua KPU Balangan Saripani.

Pihaknya dari KPU Kabupaten Balangan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan yang telah mensupport kegiatan selama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020.

“Terimakasih kami ucapkan baik kepada Pemerintah Daerah Balangan, BPBD Balangan, Dinkes Balangan, Kesbangpol Balangan, serta TNI/Polri yang telah berpartisipasi dalam suksesnya pelaksanaan Pilkada di Balangan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Balangan Rosmelyanoor memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPU Kabupaten Balangan yang dimana telah selesai dan sukses melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Balangan.

“Kami dari Bawaslu Balangan memberikan apresiasi dan terimakasih yang setinggi-tingginya sehingga pelaksanaan Pilkada ditahun 2020 berjalan lancar, aman dan sukses di Kabupaten Balangan,” ujarnya.

Selama pelaksanan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan dalam Pilkada serentak di tahun 2020, Bawaslu hanya menerima adanya dua laporan dan untuk temuan-temuan (kecurangan) hampir tidak ada.

“Alhamdulillah terkait laporan dan temuan-temuan itu hampir tidak ada,” ucapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Balangan Syahrani meminta agar semua pihak kedepannya dapat bersama-sama meningkatkan kualitas demokrasi hingga pemilu.

“Sebagaimana kita ketahui kalau di tahun 2024 akan di adakan kembali Pemilu Serentak pada 2 April dan juga berbarengan dengan pelaksanaan Pilkada,” tutupnya.*