TANJUNG, metro7.co.id –  Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Mandiri, Pelatihan Dasar bagi pengurus dan anggota organisasi Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan ( FSP KEP) Tabalong, di Pembataan, Senin (13/5).

Puluhan pengurus dan anggota FSP KEP Tabalong dilibatkan dalam kegiatan ini.

Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini sangat penting bagi pekerja terutama yang bergelut di seputar bidang energi dan pertambangan, agar lebih memahami peraturan terkait dengan ketenagakerjaan.

“Sebagai karyawan tentu kita menyadari apa yang menjadi hak dan kewajiban ditempat kerja sesuai dengan peraturan yang berlaku,”ujarnya.

Melalui pelatihan ini diharapkan menjadikan para pekerja termasuk pengurus dan anggota serikat pekerja dapat melindungi diri sendiri dan sesama pekerja serta memahami apa resiko kecelakaan kerja, diskriminasi, pelecehan dan kompleks di tempat kerja untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman, nyaman dan kondusif.

“Kita, ingin setiap pekerja bisa fokus terhadap pekerjaannya sehingga menjadi produktif, oleh karena itu lingkungan kerja harus dibuat aman dan nyaman,” tambah Hamida.

Selain terkait lingkungan kerja kami juga mengajak para pekerja sekalian untuk memperhatikan terkait budaya kerja, ciptakan budaya kerja yang menghargai kepatuhan terhadap peraturan dan norma-norma yang berlaku serta menghormati hak azasi manusia dan keadilan, pintanya.

Sementara, Ketua FSP KEP Tabalong, Syahrul mengatakan, bersyukur dan bangga atas dukungan dari Pemkab Tabalong dan Disnaker setempat sehingga kegiatan pelatihan ini bisa terlaksana.

Diharapkannya anggota FSP KEP Tabalong cerdas, genius hingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Tabalong.

“Karena buruh sejahtera daya beli meningkat,” tandas Syahrul.

Diakuinya selama ini FSP KEP Tabalong sering melakukan demo namun dimaksudkan bukan untuk anggota FSP KEP saja, lebih jauh unjuk rasa yang dilakukannya juga untuk warga Tabalong khususnya.

“Kita mau Tabalong lebih maju di Kalsel,”tutupnya.