PARINGIN – Penjabat Bupati Balangan HM Hawari meninjau lokasi pembangunan bendung pitap di Desa Nungka, Kecamatan Tebing Tinggi, Senin (12/10).
Hawari mengatakan, akan menyurati pihak Pemerintahan RI mengenai keadaan terakhir bendung pitap yang belum bisa berfungsi maksimal.
Hawari mengungkapkan, apabila bendung Pitap sudah beroperasi dan bisa dimanfaatkan akan memberikan angin segar bagi sektor pertanian di Bumi Sanggam yang sekarang masih dalam tahapan berkembang.
“Kita dari pemerintah daerah tentunya sangat berharap pembangunan bendungan ini bisa cepat selesai, demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Balangan khususnya di sektor tanaman pangan,” ungkapnya.
Bendungan Pitap ini menurut rencana akan mengairi 4000 hektare lebih lahan persawahan di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan yaitu Awayan, Batumandi, Lampihong dan Paringin Selatan.
Peletakan bendungan pitap sendiri sudah sejak 2005 oleh Gubernur Kalimantan Selatan waktu itu Sjachriel Darham dan anggarannya berasal dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara sebesar Rp19 miliar, dengan kontraktor saat itu PT Adhi Karya. (metro7/wnd)