TANJUNG, metro7.co.id – Pj Bupati Tabalong Kalsel, Hj Hamida Munawarah meresmikan gedung baru Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Plus Ash Shiratal Mustaqim Tanjung.

Peresmian gedung baru MIS Plus tersebut dilaksanakan Kamis (11/7) di Komplek Perumahan Loyang Indah Kelurahan Jangkung Kecamatan Tanjung.

Acara peresmian turut dihadiri Kepala Kemenag Tabalong, H Sahidul Bakhri, Ketua MUI, H Sabilal Rusdi, tokoh masyarakat, pengurus yayasan, para donatur, para guru dan wali murid.

Ketua Panitia Pembangunan Gedung MIS Plus Ash Shiratal Mustaqim Tanjung, Ma’mun Bakhtiar menyampaikan, kegiatan pembangunan gedung MIS berawal dari adanya kebutuhan mendesak yaitu pada tahun ajaran baru ini di gedung yang lama merupakan pinjaman dari Pemerintah Kabupaten.

Gedung tersebut tidak mencukupi dan tidak mampu menampung dengan jumlah seluruh peserta didik yang akan bertambah pada tahun ajaran baru ini.

“Oleh karenanya kami perlu penambahan untuk menampung siswa sebanyak dua ruang kelas, sehingga di tempat bangunan gedung yang lama sudah tidak representatif lagi,” katanya.

Pembangunan gedung baru ini diatas lahan yang dihibahkan oleh warga masyarakat setempat. Diawali pembangunan gedung dengan modal awal berupa uang dari internal yayasan senilai Rp150 juta.

Pembangunan gedung bisa terlaksana atas bantuan dan dukungan semua pihak, baik Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kemenag, para donatur, para dermawan, masyarakat dan juga wali murid.

“Total bantuan sumbangan yang masuk ke kita berjumlah Rp 502.958.300,-,” katanya lagi.

Sementara, Ketua Yayasan Ash Shiratal Mustaqim, Sukarnadi mengatakan, terbangunnya gedung baru ini tidak terlepas dari kondisi yang berkembang, karena jumlah siswa bertambah, jumlah lokal terbatas.

Dengan terbangunnya dua lokal kelas yang baru, sehingga jumlah kelas yang sebelumnya hanya sembilan kelas kini menjadi sebelas kelas.

Saat ini jumlah siswa yang terdaftar terbaru berjumlah 295 siswa yang rata-rata 26 siswa per ruang belajar.

Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran kepengurusan yayasan, panitia pembangunan dan seluruh donatur yang telah berpartisipasi untuk pembangunan gedung sekolah ini.

Menurut Pj Bupati Tabalong, jalan dari depan menuju lokasi bangunan gedung sekolah perlu ada hibah dari Pemerintah Kabupaten supaya bisa dilakukan perbaikan dan perawatan oleh Dinas Perkimtan. ***