Ratusanm para calon jemaah kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) ketika dilepas oleg Bupati HST Harun Nurasid dan unsure muspida. (foto/hum)
Barabai — Jumlah terbanyak Jemaah Calon Haji Kabupaten Hulu Sungai Tengah dari segi Pekerjaan adalah PNS  yaitu 92 orang atau 32%, hal ini dilaporkan Kepala Kementerian Agama HST H Gurdani Syukur dalam kegiatan Penutupan Bimbingan Manasik Haji dan Pelepasan Jemaah Calon Haji HST oleh Bupati HST H Harun Nurasid bertempat di Pendopo Bupati HST, Kamis (4/10/2012) Pukul 09.45 Wita.
Dalam Laporannya H Gurdani Syukur menjelaskan Jamaah Calon Haji yang berangkat berjumlah 289 orang yang terdiri dari pria 120 orang dan wanita 169 orang, dan terbanyak dari kecamatan Barabai 145 orang atau 50,17% dan dari aspek pendidikan terbanyak berlatar belakang SLTA  79 orang atau 27%.
“Segi Usia yang terbanyak antara 40-50 tahun sebanyak 105 orang atau 36% dan usia tertua atas nama Nortasiah yang berumur 75 tahun dari Kecamatan Pandawan sementara yang termuda atas nama Faisal dengan umur 18 tahun dari Kecamatan Haruyan,”ujarnya.
Bimbingan Manasik Haji dilaksanakan sebanyak sepuluh kali pertemuan baik secara massal maupun per kelompok yang dibimbing oleh para pelatih yang sudah berpengalaman berjumlah 18 orang, dimulai para hari Rabu (18/7) dan dilanjutkan peragaaan di lapangan Rabu (12/9) bertempat di Stadion Olahraga Mandingin serta diakhiri dengan penutupan Manasik Haji pada Kamis (4/10).
Dikatakannya bimbingan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan  kepada Jamaah Calon Haji, baik ilmu tentang Manasik Haji itu sendiri, maupun hal lain yang berhubungan dengan penyelenggaraan ibadah Haji, agar mereka  dapat melaksanakan  ibadah haji dengan baik, lancar dan mandiri dan akhirnya diharapkan menjadi haji yang mabrur.
Pemberangkatan Jamaah Calon Haji dilakukan dalam dua kali pemberangkatan, pemberangkatan pertama hari Minggu (14/10) masuk Asrama Haji Banjarbaru jam 20.00 Wita dan berangkat menuju Jeddah hari Senin (15/10) jam 19.15 wita dengan kloter penerbangan 12 berjumlah 274 ditambah 2 orang TPHD bergabung dengan Jamaah Calon Haji Kabupaten Banjar.
Sementara untuk pemberangkatan hari Kamis (18/10), masuk Asrama Banjarbaru jam 11.00 wita dan berangkat menuju Jeddah Jum’at(19/10) Pukul 11.15 wita dengan kloter 15 berjumlah 15 orang, ini juga bergabung dengan 7 kabupaten lainnya.
Bupati HST dalam sambutannya menyampaikan pentingnya bimbingan Manasik Haji untuk memberikan bekal bagi Jamaah Calon Haji dalam memperlancar kegiatan ibadah haj, serta memesankan agar Jamaah Calon Haji mempererat persatuan dan kebersamaan selama di tanah suci serta membawa nama baik daerah.
“Kami berharap juga selama di sana Jamaah Calon Haji dapat ikut mendo’akan daerah agar senantiasa aman dan makin sejahtera, serta dijauhkan dari beragam musibah, karena saat ini kemarau maka musibah kebakaran di HST meningkat bahkan dana bantuan untuk korban kebakaran yang dianggarkkan Pemkab dan DPRD HST juga habis dan kembali direncanakan ditambah di APBD Perubahan 2012”,ujarnya.
Turut berhadir dalam kegiatan ini Ketua Tim Penggerak PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid, Ketua MUI HST KH Musa Yusuf, Ketua Tanfiz NU KH Nawawi Hasan, Ketua Syuriah NU KH Muhtar Dahlan, KH Arsyad dari Pondok Pesantren Hayatul Ulum  Hantakan serta Ulama dan tokoh masyarakat lainnya, Perwakilan Unsur Muspida HST, Para Kepala SKPD, Camat dan Undangan lainnya. (advhumashst)