BARABAI – Salah satu lomba dalam Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) IV Kabupaten Hulu Sungai Tengah adalah Cerdas cermat. Dalam lomba ini pesertanya diuji dengan beberapa pertanyaan mengenai teknik kepramukaan (tekpram) yang menjadi dasar untuk seorang anggota pramuka agar bisa mengikuti segala macam kegiatan kepramukaan. Rabu (11/3)
Seperti yang dilaksanakan pada Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) IV. Masing-masing mengikuti berlomba cerdas cermat dengan mengeluarkan segala kemampuan dan pengetahuan tentang teknik kepramukaan yang dimilikinya bertempat di Aula Kankemenag HST belum lama tadi.
Tim Juri yang berasal dari Kwarcab Gerakan Pramuka HST mencerca peserta dengan beberapa pertanyaan yang diringi dengan tepuk tangan seluruh peserta yang hadir ketika anggota dari sangga mereka memberikan  jawaban yang benar.
Nanik Puspita Sari yang merupakan andalan dan pengurus kwarcab gerakan pramuka menjelaskan, kemampuan tekpram anggota pramuka santri masih sangat minim, sehingga masih perlu pembinaan kepada seluruh peserta, apalagi nantinya peserta ini akan mewakili kabupaten HST di ajang tingkat provinsi sehingga sejak saat ini perlu dilakukan pembinaan.
Sementara itu, Kepala Seksi PD dan Pontren Kemenag HST Hj Rahmaniah mengatakan, setelah pelaksanaan perkemahan tingkat kabupaten ini, akan dilakukan program pemusatan  dan pembinaan peserta untuk persiapan ke tingkat provinsi nantinya.
“Insya Allah setelah perkemahan ini akan terbentuk tim akan mewakili HST, dan sebelum berangkat akan kita bina dalam pemusatan latihan beberapa hari tentus aja melibatkan dari kwarcab pramuka HST,” terang Hj. Rahmaniah. AdvHumHST