TABALONG, metro7.co.id – Kesehatan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan setiap orang. Karena dengan memiliki tubuh yang sehat, banyak hal dan aktivitas positif yang bisa dilakukan.

Mengingat pentingnya aspek kesehatan itu, maka, memiliki jaminan kesehatan merupakan suatu keharusan.

Hal inilah yang diungkapkan oleh Djumaningsih (60) ketika menyampaikan makna pentingnya kesehatan dan jaminan kesehatan bagi dirinya dan keluarga.

“Saya seringkali tersadar betapa mahalnya nikmat sehat yang diberi Tuhan kalau mendengar atau melihat orang berobat tanpa memiliki jaminan, maka saya selalu berusaha menjaga agar tubuh selalu sehat dan memastikan mempunyai jaminan kesehatan untuk proteksi,” ujar Djumaningsih.

Wanita yang status kepesertaan BPJS Kesehatannya tergabung pada segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) sebagai Penerima Pensiun TNI ini mengungkapkan jaminan kesehatan yang Ia maksud adalah dengan terdaftar sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Menurut Djumaningsih, manfaat dari Program JKN ini sangat diluar dugaannya.
“Saya sebagai peserta BPJS Kesehatan ini rutin menggunakan untuk periksa dan mengambil obat karena saya peserta Program Rujuk Balik (PRB) aktif, jadi setiap bulan saya rutin mengambil obat di apotek menggunakan BPJS Kesehatan ini sebagai jaminannya,”ujarnya lagi.

Selain bersyukur karena sudah terdaftar sebagai peserta Program JKN, Djumaningsih sangat memperhatikan pola hidup sehatnya. Baginya, memiliki jaminan saja tidak cukup kalau kita tidak menjaga kesehatannya sendiri.

“BPJS Kesehatan ini kan menjadi perisai penolong kalau kita sakit dan memerlukan penjaminan saat berobat, tapi yang harus kita sadari dan menjadi lebih penting daripada mengobati adalah bagaimana kita mencegah agar diri kita tidak sakit dengan rutin berolahraga dan menjaga pola hidup sehat,” bebernya.

“Jadi jangan beranggapan bahwa kita punya BPJS Kesehatan terus abai terhadap pola kesehatan kita, itu justru yang berbahaya. Punya BPJS Kesehatan iya, menjaga pola makan, istirahat dan olahraga itu harus, supaya kita tetap sehat,” tutup Djumaningsih.