Tanjung — Dinas Perkebunan Kabupaten Tabalong menggelar sosialisasi program peningkatan produksi dan produktivitas bagi kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan hibah bibit karet unggul, Sabtu (23/1) tadi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjalankan program peningkatan produksi, produktivitas dan mutu tanaman perkebunan berkelanjutan dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian tahun anggaran 2014.
Menurut Kepala Disbun Kabupaten Tabalong, Ir HM Mugeni, ada beberapa jenis tanaman produksi yang bisa dikembangkan dalam peningkatan produksi produktivitas dan mutu tanaman perkebunan berkelanjutan. Seperti tanaman pohon aren dan kelapa salak. Namun masyarakat Tabalong lebih tertarik dengan karet.
Bantuan bibit yang akan diberikan kepada 17 kelompok tani dengan luas lahan 278 hektar. Masing-masing anggota akan mendapatkan bantuan bibit sebanyak 550 pohon setiap hektar.
Sementara Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Perlindungan Disbun Kabupaten Tabalong HM Haderi SP MMA didampingi Kasi Sarana dan Perlindungan Kudiansyah SP menjelaskan secara rinci terhadap para kelompok tani dan kepala desa yang hadir.
Ada beberapa kriteria dan syarat bagi kelompok tani yang bisa menerima bantuan bibit. Seperti adanya kesiapan lahan anggota kelompok tani yang akan diikutsertakan peremajaan, melampirkan fotokopi KTP sebagai peserta yang ikut kegiatan peremajaan, fotokopi surat keterangan tanah (SKT), bersedia menandatangani surat pernyataan petani untuk kegiatan peremajaan karet, serta fotokopi kondisi lahan sekarang masing-masing calon peserta.
Ia berharap agar semua anggota kelompok tani yang sudah menyampaikan proposal untuk peremajaan karet supaya sesegeranya melengkapi persyaratan paling lambat sampai dengan 5 Pebruari 2014. Karena pada bulan itu sudah dilakukan lelang pengadaan bibit karet melalui dana APBN. (Metro7/Via)