TABALONG, metro7.co.id – Juhriansyah (57) mengaku sangat puas terhadap keberadaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Baginya, program oleh BPJS Kesehatan ini telah memberikan banyak manfaat secara nyata baginya dan keluarga.

Hal ini diungkapkannya di sela-sela keperluannya mengurus perubahan segmen kepesertaan Program JKN miliknya dan keluarga, Senin (14/10).

Diketahui, Juhriansyah melakukan pengurusan perubahan segmen kepesertaannya yang sebelumnya terdaftar pada segmen peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) menjadi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang biasa juga disebut Pekerja Mandiri.

“Sebelumnya, kepesertaan BPJS Kesehatan saya yang dari kantor tempat saya bekerja, kurang lebih sejak tahun 2015 saya sudah terdaftar menjadi peserta, berganti-ganti memang perusahaan penanggungnya, namun memastikan agar saya selalu terdaftar, yakni dengan rajin menanyakan kepada bagian kepegawaian, ya kalau dulu,” jelasnya.

“Kalau sekarang kan saya bisa cek sendiri menggunakan HP dan Aplikasi Mobile JKN bahwa status saya masih aktif atau tidak. Tapi ternyata memang ada jeda setelah saya resign dari kantor tidak langsung nonaktif BPJS Kesehatan saya dan keluarga,” tambah Juhriansyah.

Berbekal Aplikasi Mobile JKN, Juhriansyah mengaku selalu memantau status kepesertaan miliknya dan keluarganya, dirinya bertekad untuk menjaga status kepesertaannya tetap aktif dan terdaftar sebagai peserta Program JKN dengan beralih sebagai peserta segmen PBPU.

Bukan tanpa alasan, ia mengaku keinginannya untuk tetap menjaga status kepesertaannya tetap aktif dikarenakan dirinya memang rutin menggunakan dan menerima manfaat dari Program JKN ini.

“Saya rutin menggunakan BPJS Kesehatan ini untuk kontrol ke rumah sakit, sekali setiap bulan pasti saya ke RS. Jadi saya memang sudah memiliki niat waktu itu apabila status kepesertaan saya dari kantor sudah dinonaktifkan saya pasti akan mengalihkan kepesertaan saya sekeluarga menjadi peserta mandiri. Bukan semata-mata karena saya rutin ke RS, tapi karena memang saya merasa menjadi peserta BPJS Kesehatan dan memiliki jaminan kesehatan ini sangat penting bagi saya dan keluarga,” beber ayah satu anak ini.

Juhriansyah mengaku pengalamannya memperoleh pelayanan sebagai peserta Program JKN selalu memuaskan dan tidak membuatnya berkecil hati untuk mengakses pelayanan di fasilitas kesehatan dengan berbekal kepesertaan Program JKN.

“Setiap kali berobat dengan menggunakan BPJS Kesehatan, saya selalu merasakan pelayanan yang baik dan tidak membeda-bedakan status kepesertaan antara satu pasien dengan pasien yang lainnya. Pelayanan yang diberikan kepada saya maupun istri dan anak saya saat kami mengakses pelayanan kesehatan di Klinik Prtama maupun di RS semuanya sangat memuaskan dengan kualitas pelayanan yang baik,” jelasnya.

Selain puas dengan pelayanan yang diperoleh di fasilitas kesehatan, ia semakin mengapresiasi kualitas penyelenggaraan Program JKN oleh BPJS Kesehatan lantaran dirinya merasakan juga kemudahan dalam proses pengurusan perubahan segmen kepesertaannya dari peserta PPU menjadi peserta PBPU.

Ia menyatakan, kemudahan dan kepastian dalam layanan baik di fasilitas kesehatan maupun di kantor BPJS Kesehatan yang menjadikan dirinya semakin mantap untuk terus menjadi peserta Program JKN.

Juhriansyah berharap, penyelenggaraan Program JKN akan terus mengalami peningkatan sehingga semakin menjadi andalan bagi masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan.

“Pengalaman saya sebagai peserta BPJS Kesehatan semakin komplit dengan pernah memperoleh pelayanan yang prima baik di Kantor BPJS Kesehatan maupun di fasilitas kesehatan. Saya berharap agar program ini akan terus ada dan semakin membanggakan dengan seluruh kemudahan dan kepastian pelayanannya,” tutupnya.