Tanjung — Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong terus berupaya menciptakan lingkungan yang hijau dan bersih (Green and Clean) di daerah ini. Hal itu selaras dengan visi kota di Indonesia yang telah dicanangkan oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pada konferensi lingkungan hidup di Pulau Bali, beberapa waktu lalu.
Program Green and Clean yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong di antaranya adalah pengelolaan Hutan Kota di Bataman Kecamatan Murung Pudak yang merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH).
Kepala Dinas Tata Kota dan Kebersihan (Distakober) Kabupaten Tabalong Drs H Hidwar Ahmadi MSi mengatakan program untuk menjadikan Bataman sebagai RTH ditargetkan bisa rampung pada tahun 2014 mendatang.
Menurutnya, program ini mendapat dukungan dari PT Pamapersada Nusantara (Pama). Mulai dari pembuatan pagar dan perawatannya, pembuatan jalan cor beton sepanjang 200 meter dari areal danau sampai ke komplek perumahan Bataman.
Pembuatan jalan kembar, masing-masing dengan lebar 4 meter.  Di tengahnya dibuat tiang-tiang besi untuk taman berupa tanaman rambat. Selain itu juga akan dibuat drainase, areal jogging dan sarana outbone.
Dalam perencanaannya, hutan kota juga akan ditanami pohon-pohon tanaman langka seperti kayu ulin, pohon kasturi dan pohon langsat di samping pohon-pohon sesuai habitat aslinya. Sehingga diharapkan tahun 2014 mendatang program RTH bisa terwujud sebagaimana tiga unsur yang direncanakan. Yakni unsur pariwisata, pendidikan dan penghijauan.
“Kalau nanti RTH sudah rampung tentu akan bermanfaat sekali bagi masyarakat. Baik untuk berekreasi menikmati kesejukan dan keasrian hutan, bahkan bisa dijadikan kegiatan pengetahuan bagi generasi muda akan beraneka ragam habitat pepohonan hutan aslinya,” katanya. (Metro7/Via)