BANJARBARU, metro7.co.id – Labbaik Allahumma Labbaik. Labaika Laa Syarika Laka Labbaik, keceriaan dan wajah haru jamaah haji Kalimantan Selatan Kloter Pertama asal Kabupaten Banjar Tahun 1445 Hijriah nampak bahagia saat dilepas langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama sang isteri Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah, di Aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Minggu (12/5).

Tiba di aula, Paman Birin dan Acil Odah disambut hangat oleh jamaah haji Kalsel, saling merangkul dan berjabat tangan. Pelukan hangat tercipta di sana.

Terlihat juga Paman Birin dan Acil Odah diajak berfoto oleh sepasang suami isteri oleh Syamsuddin Anang Kurdi dan Siti Nur Ainiah Sanusi Ali. Dalam kesempatan itu, Ainiah (51) mengaku senang berjumpa kembali dengan orang nomor satu di Kalsel itu.

“Sangat senang, kami (bersama suaminya) dapat berfoto dengan Gubernur Kalsel atau Paman Birin bersama Acil Odah. Beliau sosok yang mengayomi sekali,” ucap Ainiah tersenyum.

Ainiah menilai sosok Paman Birin dan Acil Odah memiliki kepribadian yang supel atau pandai bergaul, serta peduli terhadap masyarakat.

Ainiah mengaku sang Gubernur kerap datang ke kampungnya di Desa Keliling Benteng Tengah, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar.

“Orangnya sangat ramah dan peduli ke masyarakat. Apalagi saat roadshow ke kampung kami, beliau datang ke masjid saat pengajian yang berlangsung, memberi bantuan ke anak-anak,” cerita Ainiah.

Ainiah berdoa, keberangkatan haji pada tahun 1445 Hijriah ini bersama suaminya, amal ibadah diterima dan hajinya mabrur.

Sementara, kebahagiaan juga dirasakan Jamsi (50) jamaah haji asal warga Desa Babirik, Beruntung Baru, Kabupaten Banjar.

“Selama 13 tahun menunggu, akhirnya tahun ini dipanggil ke tanah suci Mekkah. Allhamdulilah dari penantian kita, inilah puncaknya kita dapat berangkat,” ujarnya.

Jamsi bersama sang isteri yakni Mastinah menjalani setengah bulan proses di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin. Sejak kemarin pagi telah menginap dan melewati banyak tahapan hingga malam ini di berangkatkan dan dilepas oleh Gubernur Kalsel.

“Sebelumnya kita sudah diberitahu bahwa Paman Birin akan melepas kami sebagai jamaah haji kloter pertama tahun ini, kita patut bersyukur ya,” ungkapnya.

Selama ini Jamsi mendaftarkan haji berasal dari hasil kerja kerasnya sebagai petani Kabupaten Banjar. Sementara, sang isteri sebagai ASN. Bertahun-tahun menunggu, akhirnya mereka mendapat giliran keberangkatan haji.

“Sebagai orang muslim, kita menjalankan perintah Allah untuk melaksanakan ibadah pada rukun islam yang kelima. Tentu, berharap bisa melihat makam Rasulullah yang kita nantikan di sana, semoga saja mendapatkan berkah dan ridhonya,” bebernya.

Melihat kegembiraan dan rasa hari jamaah haji, Paman Birin menyampaikan, para jamaah haji asal Kalsel ini telah tiba dipanggil oleh Allah SWT ke tanah suci Mekkah. Di kloter pertama ini, diharapkan agar pulangnya dengan selamat dan hajinya mabrur.

“Saya melihat para jamaah semuanya sehat. Semoga tiba ke Kalsel lagi, sehat dan selamat kepulangan nanti. Karena istilah Kalsel, Kalian Selamat. Semoga hajinya mabrur,” ungkap Paman Birin, penuh doa.