BANJARBARU, metro7.co.id – Para jamaah haji yang berasal dari wilayah Kalimantan Selatan mendarat di Bandara Syamsudin Noor, Minggu (23/6).

Debarkasi perdana dari kloter pertama tiba pukul 13.23 Wita menggunakan pesawat jenis A340-300 Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 8201. Dalam penerbangan ini tercatat sejumlah 319 jamaah haji kembali ke tanah air.

“Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kelancaran proses ibadah pada jamaah haji dari Kalimantan Selatan. Kami berharap para jamaah haji dapat kembali ke Bumi Banua dalam keadaan yang sehat, aman, dan lancar. Proses debarkasi haji periode ini direncanakan dilakukan mulai 23 Juni 2024 hingga 21 Juli 2024,” terang Dony Subardono, General Manager Bandara Syamsudin Noor.

Manajemen Angkasa Pura I selaku operator bandar udara memberikan pelayanan prima dengan berkomitmen dalam penyediaan fasilitas dan personel yang terbaik untuk para tamu Allah.

Untuk memastikan kelancaran proses, sinergi, dan komunikasi aktif pun terus dijalin dengan para stakeholder terkait seperti Kementerian Agama Kalimantan Selatan, Imigrasi, maskapai, dan Perum DAMRI.

Untuk mempermudah proses kepulangan, para jamaah haji yang turun dari pesawat langsung dibawa menuju Asrama Haji Banjarmasin dengan menggunakan armada bus yang telah disiapkan. Selain itu, fasilitas pendukung seperti wheel chair hingga mobil ambulans juga disiapkan bagi yang membutuhkan.

“Kami memahami bahwa perjalanan yang ditempuh para jamaah haji untuk kembali ke tanah air cukup panjang dan menguras kondisi fisik. Oleh karena itu, kami berupaya memberikan pelayanan maksimal agar para jamaah haji nyaman hingga penyediaan layananan kesehatan,” tutup Dony.