TANJUNG, metro7.co.id – Resmi di buka Ajang Kompetisi Madrasah (AKM) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Kabupaten Tabalong, Kamis (14/9/2023).

Diketahui Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 4 Tabalong menjadi tuan rumahnya pada ajang tersebut, dan lomba yang di kompetisikan ada 3 macam, yaitu Lomba kreasi baris berbaris (Lkbb), tahfidz dan balogo.

Adapun teruntuk pada lomba balogo dikhususkan untuk para guru dan tenaga pendidik MTsN se Kalsel.

Sedangkan jumlah pesertanya yang mengikuti ajang tersebut diketahui sebanyak 184 siswa dan sisiwi se Kalsel. Sedangkan untuk peserta tiap lomba dengan rincian total Lkbb dengan jumlah peserta 66 orang, tahfidz 55 peserta dan balogo 63 peserta.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Tabalong, Hj Hamida Munawarah membuka secara resmi kegiatan tersebut yang diadakan selama 2 hari, dari 14 – 15 September 2023.

Sekda Tabalong, Hj Hamida Munawarah dalam sambutan tertulisnya menegaskan kepada panitia penyelenggara, agar menjadi tuan rumah yang baik.

“Jadilah tuan rumah yang baik, Ingat jalan membuat malu daerah kita,” tegasnya kepada panitia.

“Mari kita tunjukkan bahwa warga Kabupaten Tabalong ramah. Agar tamu kita merasa betah dan senang, supaya berkenan datang lagi berkunjung ke daerah kita,” timpalnya.

Kemudian ia meminta kepada guru yang mendampingi peserta didiknya berlomba agar mencatat semua kekurangan dan kelebihan terhadap anak didiknya.

“Para guru pendamping harus mencatat semua kekurangan dan kelebihan yang ada pada siswanya saat berlomba,” ujarnya.

Menurutnya ini penting, karena kemajuan zaman semakin berkembang pesat, membutuhkan banyak ilmu pengetahuan dan informasi untuk menghadapinya. Terlebih dalam hal pendidikan.

“Jangan dibiarkan anak-anak kita memiliki ilmu seadanya,” ungkapnya.

Selanjutnya, ia mengaku bahwa sangat senang dengan adanya kompetisi ini di Kabupaten Tabalong, karena ini menurutnya dapat mengenalkan dan mempromosikan Bumi Saraba Kawa kepada anak-anak generasi masa depan bangsa.

“Saya sangat senang dengan Ajang Kompetisi Madrasah di Kabupaten Tabalong, karenanya dapat mengenalkan dan mempromosikan daerah yang kita cintai ke anak-anak generasi masa depan bangsa,” tutupnya.

Diketahui pula para peserta pada AKM tersebut yang nanti bakal juara akan mendapatkan hadiah piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan senilai Rp 3 Juta untuk juara I, juara II Rp 2 Juta dan juara III Rp 1 Juta. ***