BARABAI, metro7.co.id – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi resmi dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka HST masa bakti 2023-2028 oleh Ketua Kwartir Daerah Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah, di Pendopo Bupati HST, Kamis (4/7).

Pelantikan tersebut juga dirangkai dengan pelantikan 39 orang Pengurus Kwartir Cabang HST yang diketuai oleh H Muhammad Anhar selaku Kepala Dinas Pendidikan HST, dan 5 orang Lembaga Pemeriksa Keuangan.

Dalam sambutannya, Ketua Mabicab HST mengajak seluruh pengurus untuk sama-sama bergandengan dan bersinergi bersama membantu masyarakat HST, membantu Provinsi Kalsel, untuk bergerak bersama agar lebih unggul, makmur dan dinamis.

“Untuk para pengurus kwarcab, kita adalah sebuah gerakan untuk menumbuhkan karakter para pemuda, para anak bangsa. Gerakan pramuka ini dikenal disiplin, suka rela, siap turun ke masyarakat disaat keadaan meminta kita untuk turun,” jelasnya.

“Kami yang baru saja dilantik mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya kepada pengurus yang lama, dan kami mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru. Yang penting dari kebersamaan kita semua ini adalah tumbuhnya rasa kekeluargaan, dengan hal itu maka kita akan bekerja suka rela tanpa hitung-hitungan apapun,” tambahnya.

Sementara, Ketua Kwarda Kalsel yang kerap disapa Acil Odah menyebutkan, Pramuka merupakan organisasi yang tangguh, ikhlas, disiplin tinggi, rajin dan dapat dipercaya, terutama loyal, tidak belok kanan kiri, tegak lurus sesuai dengan tri satya dan dasa dharma pramuka.

Acil Odah juga mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Pelantikan Ketua Majelis Pembimbing Cabang, Ketua Kwartir Cabang serta Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Hulu Sungai Tengah masa bakti 2023-2028 yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

“Pramuka merupakan garda depan untuk memberikan keteladanan, karakter anak bangsa dapat terbentuk dengan gerakan pramuka. Dan merupakan tugas kita semua untuk menghidupkan dan membesarkan pemanfaatan gerakan pramuka melalui berbagai dukungan, support dan doa,“ jelasnya.

Di akhir sambutannya, Acil Odah mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan yang terlaksana hari ini.

“Semoga amanah jabatan melalui Gerakan Pramuka HST betul-betul bisa memberikan kemanfaatan yang maksimal, terutama dalam membina anak-anak muda menuju kemajuan Kalsel melalui sinergitas antar daerah,” tutupnya.