TANJUNG – Haul KH Muhammad Arif bin Hamim Desa Habau Kecamatan Banua Lawas yang digelar Sabtu tadi dihadiri ribuan jemaah dari berbagai pelosok Kabupaten Tabalong dan daerah lainnya di Kalimantan Selatan.
Haul ulama sekaligus pejuang penumpas penjajah dari tanah Tabalong inipun dipimpin langsung oleh Ulama Kharismatik KH Asmuni atau Guru Danau dan turut dihadiri Bupati H Anang Syakhfiani beserta jajarannya.
Banyaknya jemaah yang hadir dibuktikan dengan panjangnya jemaah yang duduk berbaris hingga satu kilo meter saat gelar kegiatan haul dengan pembacaan syair-syair Shalawat Habsyi di makam KH Muhammad Arif bin Hamim.
Usai pembacaan haul dan syair-syair Shalawat Habsyi, kegiatan Haul dilanjutkan di Mesjid Darul Ma’arif Habau dengan tausyiah dari Guru Danau. Dalam pesan-pesan tausyiahnya, Guru Danau mengingatkan para jemaah khususnya para Pemimpin untuk mencintai para Aulia atau Wali Allah seperti KH Muhammad Arif. Bahkan menurut Guru Danau, mencintai para Wali bukan sekedar mengetahui kehebatan karamat atau karomah yang dimiliki para Wali saja, melainkan bagaimana agar bisa mencontoh dan meneladani Ilmu Agama, serta ke shalehan para Wali kepada Allah SWT.
Sementara Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani turut menyampaikan rasa bangganya bahwa Tabalong banyak sekali mempunyai tokoh-tokoh ulama besar. Maka itu menurutnya sudah selayaknya seluruh masyarakat Tabalong bisa meneladani para tokoh-tokoh ulama besar yang ada di Bumi Sarabakawa, tak terkecuali KH Muhammad Arif bin Hamim dari Habau ini.
Terlepas dari itu, Bupati Anang juga meminta Do’a kepada para jemaah agar pihaknya yang saat ini diberikan amanah sebagai pemimpin dapat diberikan kekuatan dan keberkahan dalam melakukan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat. Metro7/Amy