BARABAI- Ribuan  siswa SMP dan MTs di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Senin, (22/02/2016) mengikuti try out di sekolah masing-masing selama empat hari.
Hari pertama Senin kemarin kata Ubaidillah salah seorang panitia try out adalah pelajaran matematika dan bahasa Indonesia,  dilanjutkan Matematika,  Bahasa
Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di hari berikutnya.
 “Walaupun try out, tetap mendapat pengawasan hampir sama dengan UN, yaitu setiap ruangan jumlah siswa terbatas, diawasi para guru masing-masing sekolah serta jadwal ujian ditetapkan sedemikian rupa,” ujarnya.
Dari Pantauan di SMPN  Barabai, para peserta try out cukup serius mengikuti ujian tersebut sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) pada Mei mendatang. Para siswa sebelum mengisi lembaran jawaban mendapat penjelasan dari para guru tentang cara mengisi lembaran jawaban.
Ridha salah seorang guru mengatakan, para peserta try out hadir tepat waktu dan mendapat penjelasan sebelum ujian dimulai serta akan ada dua sistem ujian nasional (UN) pada tahun ini yaitu ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan berbasis kertas.
“Kami memang mempersiapkan teknis penyelenggaraan UN, baik yang menggunakan
UNBK atau yang tetap berbasis kertas dengan harapan UN bisa dipersiapkan dengan matang agar kebutuhan dan keperluan yang belum siap, bisa disiapkan mulai dari sekarang,” katanya. AdvHumHST