KANDANGAN, metro7.co.id – Dalam rangka pemantapan dan peningkatan mutu layanan kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta sebagai bentuk apresiasi kepada Fasilitas Kesehatan (Faskes) baik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan menyelenggarakan Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan tahun 2024.

Dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Komitmen Fasilitas Kesehatan dalam Menjaga Mutu dan Akuntabilitas Program Jaminan Kesehatan Nasional’ itu, juga dilangsungkan penyerahan penghargaan Fasilitas Kesehatan berkomitmen dalam Peningkatan Mutu Pelayanan bagi peserta Program JKN tahun 2024.

RSUD Daha Sejahtera, yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan, merupakan salah satu FKRTL yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan didapuk meraih penghargaan sebagai Top 10 Nasional kategori RS Kelas D paling berkomitmen oleh BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Barabai, Muhammad Masrur Ridwan menjelaskan, capaian yang diraih oleh RSUD Daha Sejahtera ini sekaligus menjadikannya mewakili RS Kelas D di wilayah kerja BPJS Kesehatan se-Kedeputian Wilayah VIII dalam penghargaan ini.

“Selamat kepada manajemen serta seluruh keluarga besar RSUD Daha Sejahtera atas pencapaian yang diraih ini, hal ini menjadikan RSUD Daha Sejahtera menjadi RS Kelas D paling berkomitmen di wilayah kerja BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah VIII yang meliputi empat provinsi yakni Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, serta Kalimantan Utara,” ungkap Masrur, Kamis (19/9).

Ia mengatakan, beberapa aspek yang menjadi parameter penilaian Fasilitas Kesehatan berkomitmen antara lain seperti dukungan Faskes tersebut dalam program transformasi digital yang digalakkan oleh BPJS Kesehatan.

Adapun aspek lain yang dinilai adalah pemenuhan Sarana Prasarana dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai dan kompeten dalam memberikan pelayanan kepada peserta Program JKN, serta tata kelola penanganan pengaduan atau keluhan layanan yang tersistem dan terintegrasi.

“Jadi memang pemantauan dan penilaian kami lakukan bersama tim terkait yang sudah dibentuk untuk menilai komiten seluruh Faskes di masing-masing wilayah kerja BPJS Kesehatan dalam kurun waktu 12 bulan terakhir sesuai dengan jenis dan kelas faskesnya,” ujarnya.

Aspek-aspek yang menjadi titik fokus penilaian, yakni terkait dukungan Faskes tersebut dalam program transformasi digital yang meliputi banyak hal seperti sistem antrean terintegrasi, ketersediaan informasi tentang jumlah tempat tidur dan jadwal tindakan medis operasi serta berbagai transformasi digital lainnya.

“Selain itu, kita juga memastikan bagaimana keterpenuhan sarana dan prasarana serta SDM di masing-masing Faskes yang dinilai serta bagaimana mereka melakukan pengelolaan pengaduan atau keluhan layanan yang masuk,” sambung Masrur.

Ia menegaskan, selain beberapa aspek diatas, salah satu aspek yang juga sangat penting dalam penilaian Faskes berkomitmen ini adalah memastikan bahwa Faskes tersebut tidak terlibat atau terindikasi melakukan tindak kecurangan atau fraud dalam penyelenggaraan Program JKN.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, pencapaian yang diraih oleh RSUD Daha Sejahtera ini dapat dimaknai positif agar mendorong seluruh Faskes yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan baik di lingkup Kedeputian Wilayah VIII BPJS Kesehatan secara luas maupun khususnya di wilayah kerja Kantor Cabang Barabai untuk terus belomba-lomba menjadi yang terbaik dalam menjaga dan meningkatkan mutu serta akuntabilitas Program JKN.

Dikonfirmasi secara terpisah melalui sambungan telepon, Direktur RSUD Daha Sejahtera, Masliani mengungkapkan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Pencapaian ini tidak akan menjadikan pihaknya berpuas diri melainkan akan menjadi motivasi untuk terus memberikan yang terbaik dalam peningkatan mutu layanan kepada peserta JKN,” jelasnya.

Masliani menyebutkan, pencapaian ini merupakan buah dari upaya paripurna dari seluruh pihak yang ada di RSUD Daha Sejahtera dalam menjaga dan meningkatkan mutu layanan serta akuntabilitas Program JKN.

Selain itu, bebernya, dalam mencapai penghargaan ini pihaknya terus menjalin komunikasi yang intens dan terarah dengan pihak BPJS Kesehatan.

“Kami akan menjadikan pencapaian ini sebagai upaya untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pasien yang datang serta terus mendukung transformasi mutu layanan yang digalakkan oleh BPJS Kesehatan,” tutupnya.